Peringati Hari Keluarga Nasional, PKBI dengan BKKBN Jawa Timur adakan Layanan IVA dan Pap Smear di RSNU

Caption : Suasana di RSNU Bondowoso saat kaum ibu malakukan pemeriksaan IVA dan Pap Smear, Sabtu (17/10)
Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-27, PKBI Bondowoso melalui PKBI Jawa Timur bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur memberikan layanan Kesehatan Reproduksi (kespro), salah satunya pemberian Layanan Iva dan Pap Smear Gratis yang ditempatkan di Klinik RSNU Bondowoso, Sabtu (17/10).

Ketua PKBI Bondowoso, Andiono Putra, menjelaskan, deteksi dini kanker serviks penting dilakukan, karena merupakan penyakit dengan kasus kematian tertinggi ke-2 setelah kanker payudara di Indonesia.

"Adanya layanan Iva dan Pap Smear gratis ini merupakan salah satu bukti hadirnya negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kaum ibu. Makanya, kami sangat mengapresiasi program dari BKKBN Jawa Timur yang dikerjasamakan dengan PKBI ini", ungkap Andiono.

Layanan yang diadakan di RSNU Bondowoso ini diikuti oleh 30 orang. Andiono berharap, mereka yang mengikuti pemeriksaan, menjadi awal dari kepedulian masyarakat akan pentingnya upaya deteksi dini kanker serviks.

Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Bondowoso, Untung Khuzairi mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya giat layanan gratis IVA dan Pap Smear yang ditempatkan di RSNU Bondowoso.

Menurutnya, ini bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya ibu-ibu dalam rangka deteksi dini kanker mulut rahim, yang prevalensinya tinggi dan menyebabkan banyak kematian.

"Kegiatan ini sangat mulia, untuk harkat dan martabat kemanusiaan, khususnya bidang pelayanan kesehatan di Bondowoso", ungkap Untung.

Dari pantauan wartanu.com, klinik RSNU Jl. KH. As'ad Syamsul Arifin Bondowoso - Situbondo, Desa Traktakan, Kecamatan Wonosari, Bondowoso, yang kini sudah beralih status menjadi RS Ibu dan Anak (RSIA), dihadiri puluhan muslimat dari 6 kecamatan berbeda. Dari Kecamatan Wonosari, Prajekan, Tapen, Kota, Tegalampel dan Curahdami.


Penulis : Gufron

olah rasa

terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk. "Tak Ada Usaha yang Tak Berarti" Nama: Gufron Afandi. Tempat Tanggal Lahir: Bondowoso. 16, April 1998. Alamat Asal: Desa, Bandilan. Kecamatan, Prajekan. Kabupaten, Bondowoso. Provinsi, Jawa Timur. Alamat Sekarang: Mangli, Kaliwates, Jember. Nama Orang Tua: Ayah, Abdul Aziz. Ibu, Sunarsih. Anak ke: Pertama. Dari, Dua Bersaudara. Nama Saudara: Adik, putri ayu shofia. Riwayat Pendidikan: TK= Babus Salam, Bandilan. MI : Babus Salam MTS= Darul Falah, Cermee, Bondowoso MA= Darul Falah Cermee, Bondowoso. Kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi, IAIN JEMBER. Fakultas Dakwah, Jurusan/Prodi, Komunikasi dan Penyiaran Islam. Motto Hidup: tak ada usaha yang tak berarti. Hobi: Menulis. Cita-cita: Jurnalistik profesional dan progresif. Organisasi Mahasiswa Sekarang: PMII Rayon Dakwah komisariat IAIN Jember. IKMPB (Ikatan Mahasiswa Pergerakan Bondowoso) IAIN Jember.

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN