Peringati Hari Santri, PCNU Bondowoso Serukan Baca Sholawat Thibbil Qulub 1 Milyar

Pembacaan Solawat Thibbil Qulub di MWC NU Jambesari Darussholah (foto : Dokumentasi MWC NU Jambesari 22/10) 

HSN (Hari Santri Nasional) tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena perayaan HSN tahun ini penuh dengan keterbatasan lantaran Covid-19 yang tak kunjung berakhir. Namun hal tersebut tidak memupuskan kaum santri untuk tetap merayakannya. Salah satunya adalah PCNU Bondowoso menghimbau terhadap Nahdliyin dan Pondok Pesantren yang ada dibondowoso untuk merayakan HSN dengan membaca sholawat Thibbil Qulub. 

Himbauan PCNU Bondowoso untuk membaca sholawat Thibbil Qulub tertulis dalam surat bernomor 149/PC/A.I/L.30/X/2020. Dalam surat tersebut PCNU Bondowoso juga menyertakan jumlah sholawat yang harus dibaca selama peringatan HSN sebanyak 1 milyar. 

Mekanisme yang digunakan PCNU untuk merekap warga Nahdliyin yang membaca sholawat tersebut pun sangat unik. Dengan menggunakan kuisioner pada google document untuk mengetahui siapa saja yang membaca, dan berapa jumlah bacaan Sholawat Thibbil Qulub, baik oleh individu atau kelompok (MWCNU, Ranting NU, Pesantren ataupun majlis pengajian). Berikut  link google document untuk melakukan pembacaan Sholawat Thibbil Qulub. 

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSepFw1DHU1TfOE1eCpF5ZgsxEf8-etpPM5fNNJNZeHk80eSCg/viewform?usp=sf_link

Sofyan, salah satu Pengurus NU sekaligus kontroling kuisioner menjelaskan, disebarnya link kuisioner tersebut untuk memudahkan warga nahdliyin untuk merekap dan melaporkan jumlah sholawat yang sudah dibaca.

Sofyan juga menjelaskan, bahwa warga nahdliyin dan pondok pesantren yang ada di Bondowoso sangat antusias menyempatkan diri melakukan instruksi dari PCNU. Hal tersebut terlihat dari banyaknya individu atau kelompok yang membaca Sholawat Thibbil Qulub melalui kuisioner yang disebarkan.

Sekretaris PCNU Bondowoso, Misyono, menyampaikan, jumlah pembaca Sholawat Thibbil Qulub terdiri dari beberapa unsur yang terdata hingga pagi ini, yaitu Individu (25%), Kelompok Pengajian (6,2%) Ranting NU (15,6%), MWC NU (18,8%), Lembaga dan Banom NU (15,6%), Pondok Pesantren (18,8%).

"Alhamdulillah, tadi malam baru kita mulai rekapan berjumlah 70ribuan. Pagi ini mencapai 171 ribu lebih. Insyaallah hingga resepsi HSN akan terus bertambah angkanya", imbuhnya. (23/10) 

Dalam rangka memperingati HSN, PCNU Bondowoso tidak hanya menginstruksikan pembacaan sholawat Thibbil Qulub. Tertulis dalam surat terdapat rangkaian kegiatan, seperti Istighosah santri untuk "keselamatan bangsa", Live Apel HSN (virtual) yang berlokasi diseluruh Ponpes di Bondowoso dan Resepsi HSN di Kantor PCNU Jl. KH. Agus Salim, No 85 A Blindungan, Bondowoso pada tanggal 23 Oktober 2020 pukul 19 : 30 WIB. (*)


Penulis : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.