Gafantara, PC Fatayat NU Bondowoso Ajak Santri Terapkan Hidup Sehat

Penyuluhan kesehatan oleh Fatayat NU Bondowoso yang dikemas dengan program Gafantara di Pesantren Darul Falah (28/11) 
Gerakan Fatayat Sehat Santri Nusantara (Gafantara), salah satu program Fatayat Jatim yang direalisasikan oleh Fatayat NU Bondowoso dengan menggandeng Pesantren Darul Falah Cermee, Bondowoso lakukan penyuluhan kesehatan kepada para santri di tengah pandemi. 

Baca juga : 

Ketua Fatayat NU Bondowoso, Nur Diana Kholidah SQ, S.Ag mengatakan bahwa program Gafantara tersebut bekerja sama dengan pesantren yang ada di naungam NU. 

"Ini guna menambah wawasan santri dalam menjaga kesehatan yg ada di pondok pesantren terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini," katanya 

Dalam menjalankan penyuluhan kesehatan yang merupakan kegiatan Gafantara, Fatayat NU juga bekerja sama dengan puskesmas. Kemudian membentuk Santri Husada yang bertugas monitoring kesehatan. 

PC Fatayat NU Bondowoso mengajak seluruh santri untuk menerapkan protkes, seperti mencuci tangan dan lain sebagainya
"Santri Husada bertugas memantau dan mendampingi santri yang sedang sakit, dan santri yang sedang beraktifitas dalam kegiatan kesehatan. Seperti kerja bakti, olah raga dan bakti sosial di warga sekitar," paparnya.

Dikawasan pesantren Darul Falah juga disediakan pos kesehatan Covid-19 dan kamar karantina. Bahkan seluruh kegiatan dipesantren tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Seperti wajib memakai masker dan cuci tangan," lugasnya. 

Sementara itu ketua Yayasan Pesantren Darul Falah, KH Abdul Qodir Syam sangat mengapresiasi terhadap kegiatan Gafantara tersebut. 

Kiai Qodir berharap adanya kegiatan penyuluhan kesehatan di pesantren, membuat pemahaman santri akan hidup sehat semakin luas dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Terima kasih atas kepercayaan PC Fatayat NU Bondowoso dalam bersinergi dengan pondok pesantren Darul Falah pada kegiatan Gafantara," ucap Ketua Tanfidziah PCNU Bondowoso itu. (*) 


Penulis: Imamatul Mukarromah

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.