ASIFA; Titik Awal PC Fatayat NU Bondowoso Menuju Resolusi Baru

Penyerahan penghargaan sebagai Juara Harapan I kepada PC Fatayat NU Bondowoso pada ajang Fatayat NU Jatim Award 2020
Pengurus Wilayah (PW) Fatayat NU Jawa Timur memiliki 9 program dengan tujuan untuk mencapai kekuatan karakter Fatayat NU Berbasis Keluarga Maslahah. 

Kesembilan program ini diharapkan bisa menjadi gerakan bersama dalam mewujudkan perempuan Jawa Timur yang cerdas dan bermartabat. Salah satu dari 9 program tersebut adalah Asifa.

Asifa kepanjangan dari Ajang Potensi Fatayat yang bertujuan untuk menggali potensi kader dan kelembagaan Fatayat melalui kompetisi antar kabupaten/kota melalui Fatayat NU Award. 

Ini diharapkan menjadi stimulan dan penguatan kesadaran akan pentingnya pengelolaan kader dan data, sekaligus untuk memetakan dan merapikan potensi kader di seluruh Jawa Timur agar kader dan kelembagaan bisa menjawab persoalan yang ada. 

Jadi, bisa disebut, Asifa ini menjadi momentum penataan administrasi organisasi dan unjuk program unggulan di masing-masing Cabang Fatayat NU di Jawa Timur. Ajang tersebut terdiri dari beberapa tahapan, yakni tahap aplikasi, asistensi, civitasi, presentasi, hingga penganugerahan.

Baca juga :

Pada tahapan visitasi, Asifa dikandung maksud dalam rangka memvalidasi instrumen-instrumen, seperti instrumen kesekretariatan, instrumen kerja harian, standar operasional prosedur, keuangan, program bidang, pelaksanaan program lembaga, aset dan inventaris serta program unggulan yang ada di setiap Pimpinan Cabang Fatayat NU se-Jawa Timur.

PC Fatayat NU Bondowoso merupakan salah satu peserta dalam ajang Asifa tersebut. Ada 32 PC dari 45 PC se-Jawa Timur yang berlenggang mengikuti ajang ini. Tahapan demi tahapan dilalui dengan baik, dan puncak penganugerahan pada malam Inaugurasi Fatayat NU Jatim Award 2020 pada tanggal 28 Desesmber 2020 di Hotel Grand Mirama Mercure Surabaya, PC Fatayat NU Bondowoso meraih Juara Harapan I. 

Nyai Hj Nurdiana Kholidah, ketua PC Fatayat NU Bondowoso saat menerima penghargaan di Hotel Grand Mirama Mercure Surabaya
Malam penganugerahan ini dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Drs. A. Halim Iskandar, Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa, Ketua PWNU KH Marzuki Mustamar, dan perwakilan dari seluruh PC Fatayat NU se-Jawa Timur.

Pencapaian ini merupakan anugerah luar biasa untuk PC Fatayat NU Bondowoso, dengan kerja keras dan semangat pengurus PC Fatayat sekaligus PAC dan PAR Fatayat NU se-Bondowoso mempersembahkan yang terbaik untuk Bondowoso tercinta. Ajang potensi Fatayat dengan pencapaian yang diraih ini merupakan titik awal dalam rangka terus menggali potensi-potensi kader untuk kemaslahatan umat.

Tentu saja, apa yang sudah diraih oleh Fatayat NU Bondowoso tidak lepas dari peran Ketua Fatayat NU Bondowoso, Hj Nurdiana Kholidah, yang memiliki spirit “Tahun Baru Resolusi Baru”.

Ning Dien, demikian beliau akrab disapa, akan terus mengerahkan dan menggerakkan semua potensi yang ada untuk berproses menuju Fatayat tangguh dan cinta lingkungan. Menurutnya, langkah nyata ini akan diwujudkan dengan menginisiasi program-program nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bondowoso.

Program tersebut di antaranya adalah program cinta lingkungan yang dicanangkan oleh PC Fatayat NU Bondowoso; Program Gafantara PW Fatayat NU Jawa Timur yaitu Gerakan Fatayat dan Santri Nusantara dengan program nyata untuk slogan santri sehat Indonesia kuat; serta Pesantren Adiwiyata.

Selain sinergi Fatayat NU dengan pesantren, ada pula gerakan yang melibatkan masyarakat umum, yaitu dengan gerakan shodaqah minyak jelantah serta penanaman pohon sirih 1 rumah 1 pohon sirih. Semua ini, merupakan gerak sinergis Fatayat NU agar masyarakat mendapatkan manfaat dan bernilai ekonomis. 

Adanya penghargaan sebagai Juara Harapan I pada ajang Fatayat NU Jatim Award 2020 ini, semoga menjadikan PC Fatayat NU Bondowoso akan terus memberikan manfaat terbaik untuk masyarakat Bondowoso. 

Selamat Tahun Baru 2021 M. Tahun Baru Resolusi Baru. (*)


Penulis : Surya Amartika, M.Pd, Ketua II PC Fatayat NU Bondowoso

Editor : Haris



Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.