Doa untuk Bencana Alam Gunung Semeru

Player, Doa untuk bencana alam, (Foto : Tim Kreatif)

Gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas sekitar pukul 15.00 WIB. Gunung Semeru ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang.

Keluarnya guguran awan panas tersebut membuat warga di daerah sekitar panik dan saling berlari untuk menyelamatkan diri sembari baca kalimat Takbir dan lain sebagainya. Video meletusnya Gunung Semeru yang mengeluarkan banyak guguran awan panas pun bertebaran di media sosial.

Baca Juga : 

Melihat peristiwa bencana alam ini, ada doa yang harus dibaca oleh masyarakat Indonesia khususnya warga Nahdliyyin.

Doa ini penulis dapatkan dari salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Tumpeng Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso, Alm. KH. Ahmad Bahruji bin Arsam.

Doa tersebut seringkali dibaca bersama-sama oleh beliau dan para santri ketika mendengar peristiwa buruk seperti orang meninggal, bencana alam dan lain sebagainya.

Biasanya, di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tumpeng ini Alm. KH. Ahmad Bahruji bin Arsam mengumpulkan para santri di musalla kemudian membaca doa bersama-sama.

Doa tersebut adalah sebagai berikut:

    إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجُرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلُفْ لِي خَيْراً مِنْها

Artinya : "Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya."

Semoga kita semua diberikan keselamatan oleh Allah SWT dengan adanya bencana alam ini. Yakinlah bahwa setiap peristiwa pasti ada hikmahnya, termasuk bencana alam Gunung Semeru ini. Pasti ada hikmah dibaliknya.


Penulis : Muhlas, Santri Ponpes Miftahul Ulum Tumpeng

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.