6 Nasihat Abah Guru Sekumpul. Dari Soal Ujian Hidup Hingga Rindu Allah SWT

6 Nasihat Abah Guru Sekumpul. Dari Soal Ujian Hidup Hingga Rindu Allah SWT 

6 Nasihat Abah Guru Sekumpul. Dari Soal Ujian Hidup Hingga Rindu Allah SWT

Wartanu.com - Abah Guru Sekumpul yang lahir pada 11 Februari 1942 (27 Muharram 1361 H) di desa Tunggul Irang, Martapura, Kabupaten Banjar adalah seorang ulama di Kalimantan.

KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari) adalah sosok waliyullah asal Kalimantan Selatan. Ulama yang wafat Tahun 2005 ini merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar Kalimantan, Maulana Syeikh Muhammad Arsyad bin 'Abdullah Al-Banjari.

Abah Guru Sekumpul yang memilik nama asli KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari adalah sosok waliyullah asal Kalimantan Selatan.

Ulama yang wafat tahun 2005 ini, adalah keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar Kalimantan, yaitu Maulana Syaikh Muhammad Arsyad bin 'Abdullah Al-Banjari.

Sebagaimana dikutip dari PijarNusantara.com, berikut adalah 6 nasihat Abah Guru Sekumpul yang bisa kita simak bersama :

1. "Apa yang ada di dunia ini hanyalah kiriman dari Allah sebagai tanda mata supaya kita senantiasa mengingat Allah dan rindu ingin bertemu Allah. Ini yang dinamakan musyahadah," Abah Guru Sekumpul.

2. "Butakanlah dirimu ketika melihat aib orang lain dan bukalah dirimu untuk melihat aib diri sendiri," Abah Guru Sekumpul.

3. "Hidup ini jangan dibawa susah. Apapun itu, senangi terus, syukuri terus, karena itu semua datangnya dari Allah," Abah Guru Sekumpul.

4. "Sembunyikanlah kesusahanmu dari mata makhluk. Berkeluhkesahlah hanya kepada Khalik (Allah)," Abah Guru Sekumpul.

5. "Begitulah kebanyakan manusia, akan semakin kuat berpegang kepada Allah manakala mendapat ujian musibah. Tapi kebanyakan manusia akan lalai kepada Allah ketika mendapat ujian nikmat," Abah Guru Sekumpul.

6. "Mulai di dunia sampai di alam barzakh tidak ada yang paling nyaman selain makrifat. Supaya lekas makrifat, perbanyaklah shalawat," Abah Guru Sekumpul.

Itulah 6 nasihat Abah Guru Sekumpul yang berisi pesan bagi kita semua. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah atas nasihat beliau.***

Penulis: Andiono


Tulisan ini sudah pernah tayang dengan judul "Quote Abah Guru Sekumpul. Dari Soal Melihat Aib Diri Sendiri Hingga Rindu Ingin Bertemu Allah SWT" pada link Quote Abah Guru Sekumpul. Dari Soal Melihat Aib Diri Sendiri Hingga Rindu Ingin Bertemu Allah SWT. - Pijar Nusantara

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN