Kiai Hasan Genggong yang Enggan Dipuji Karena Akan Datangkan Penyakit Ini


KH Mohammad Hasan bin Syamsuddin bin Qoiduddin (Kiai Hasan Sepuh Genggong.

Kiai Hasan Sepuh Genggong atau Kh Mohammad Hasan bin Syamsuddin bin Qoiduddun Probolinggo memiliki guru saat masih belajar di Mekkah.

Salah satunya Sayyid Abu Bakar Syatho (Pengarang Kitab I'annatuthalibin), Habib Husain bin Muhammad Al Habsyi (Seorang ulama pakar hadist dan kakak kandung habib ali seiwun simtudduror.

Tidak hanya, dua ulama yang disebutkan di atas. Guru Kiai Hasan Sepuh Genggong juga banyak terutama saat masih mondok di Mekkah.

Sebuah kisah yang diceritakan oleh salah satu dzurriyah Kiai Hasan Sepuh Genggong saat sebelum menjelang peringatan haulnya yang ke-70.

Baca Juga :

Dzurriyah tersebut adalah KH Muhammad Hasan Maulana (Nun Diego) yang menceritakan bagaimana wara'nya seorang wali masyhur ini.

Kiai Hasan Sepuh Genggong memiliki saudara sepupu yang bernama Nun Asmawi Sentong yang mengajak Kiai Hasan Sepuh Genggong ke suatu saat masih sama-sama mondok di Mekkah.

Kala itu, Kiai Hasan Sepuh Genggong usianya masih sangat muda diajak hadir dalam sebuah forum yang akan dihadiri oleh oleh berbagai ulama alim dari segala penjuru negara.

Maksud Nun Asmawi mengajak Kiai Hasan Sepuh Genggong ke forum tersebut untuk mengerjainya. Nun Asmawi yang sudah mengetahui kealiman Kiai Hasan Sepuh kemudian memperkenalkannya disebuah forum tersebut.

Baca Juga :

Kiai Hasan Sepuh yang memang sering didaulat oleh gurunya Syaikh Nawawi Al Bantani untuk mengajar jika gurunya berhalangan. Dengan hal itu, para ulama dari penjuru yang ikut dalam forum tersebut membuat tertarik kepada sosok Kiai Hasan Sepuh.

Hingga akhirnya, Kiai Hasan Sepuh Genggong diuji dengan beberapa pertanyaan oleh para ulama yang hadir dalam forum tersebut. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada Kiai Hasan Sepuh itu diantaranya menyangkut Fiqih, Balaghoh, Hadist, Nahwu-Shorof dan lainnya.

Karena kecerdasan dan kealiman Kiai Hasan Sepuh membuat ulama yang mengajukan pertanyaan terkagum-kagum. Bahkan, tidak sedikit yang memujinya.

Namun, setelah Kiai Hasan Sepuh pulang dari forum tersebut ada hal aneh yang terjadi pada dirinya.

Baca Juga :

Sontak timbul bisul yang besar di hidung Kiai Hasan Sepuh dan meringis kesakitan yang luar biasa.

Dari saking wara' ulama dari Probolinggo itu menyangka bahwa penyakit 'ain yang datang pada dirinya itu disebabkan oleh pujian saat di forum tadi.

Pasca itu, seketika Kiai Hasan Sepuh Genggong bertaubah dan berjanji pada dirinya sendiri untuk tidak lagi ikut forum seperti tadi (diskusi bersama para ulama yang diajak nun Asmawi).

Prinsip itu dipegang karena Kiai Hasan Sepuh khawatir akan timbul penyakit 'ain yang menjadi bisul itu.


Penulis : Haris

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN