KASIH SAYANG ORANG TUA KEPADA ANAK-ANAK

Iustrasi, Salah satu bentuk kasih sayang orang tua kepada anakadalah memberikan pendidikan yang baik (Foto : Pexels/ monstera)

Wartanu.com - Setiap orang tua  mendambakan anak-anaknya supaya menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Kita sebagai orang tua harus mempunyai kewajiban-kewajiban kepada anaknya. Sebagai orang tua harus memberikan ilmu yang baik terutama bagi ibu yang sudah mengandung selama 9 bulan harus berhati-hati dalam tingkah atau perbuatan. 

Terutama dalam tata cara bersetubuh, haruslah membersihkan badan terlebih dahulu seperti mandi, wudhu, membaca ayat-ayat Al-quran, serta membaca doa bersetubuh supaya tidak diganggu setan. Orang tua pun harus sangat berhati-hati dalam mengerjakan sesuatu jangan sampai ada najis yang masuk ke dalam perut supaya anaknya nanti sempurna suci dan jadi anak yang sholeh dan sholehah.

Baca Juga : Ini Pesan Penting Wakil Ketua PBNU tentang Pendidikan dan Lulusan Pesantren, Simak Baik-baik

Ada beberapa langkah yang harusdilakukan oleh orang tua untuk menunjukkan kasih sayang kepada sang anak yang telah dikandungna selama kurang lebih 9 bulan lamanya. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan oleh orang tua sebagai tanda kasih sayang kepada anaknya adalah sebagai berikut.

Pertama orang tua harus memberi ilmu kepada anaknya setelah umur 4 bulan dalam kandungan. Yang bisa dilakukan orang tua pada fase ini adalah memberikan shodaqohan dan membacakan ayat-ayat suci Alquran yang biasa disebut ngupati. Kemudian disaat usia kandungan menginjak 7 bulan orang tua dianjurkan untuk memperbanyak shodaqoh dan membacakan ayat suci Al-quran. Fase ini dikalangan masyarkaat jawa biasa disebut "mitoni".

Baca Juga : KH. Yazid Karimullah; Potret Pejuang Gigih dariKota Suwar-suwir

Tidak hanya sampai disitu saja, orang tua setiap selesai salat fardu membacakan surat al-fatihah dikhususkan kepada anaknya yang masih dalam kandungan, supaya nantinya bisa lahir dengan lancar.

Setelah sang anak lahir sebagai orang tua khususnya seorang ayah akan melafalkan adzan dan iqomah pada telinga sang anak. Kemudian anak yang baru lahir iru diberi nama yang baik seusia dengan anjuran syariat islam, sebab sebagian ulama mengatakan bahwa Nama adalah doa bagi si Anak.

Saat usia anak mencapai 7 tahun, sebagai orang tua harus membimbing atau memberikan pelajaran tentang salat, dan mengajak anak tersebut untuk melakukan sholat bersama-sama. Selanjutnya, dikala si anak sudah Aqil baligh kita selaku orang tua harus lah menanamkan sebuah pemahaman bahwa dirinya harus mengerjakan sholat 5 waktu dalam sehari dan tidak boleh sekali-kali untuk meninggalkan kewajibannya tersebut sampai akhir hayat supaya anaknya tidak terjerumus pada jalan yang sesesat.

Baca Juga :  Menakar Nilai Tasawuf dalam Pancasila

Orang tua juga harus mendoakan anaknya dengan doa terbaik, khususnya seorang ibu, doa Ibu sangat dikabulkan oleh Tuhan dari masih dalam kandungan, sampai ajal menjemput. Seorang ibu harus menjadi ibu kandung yang ikhlas, Ibu susu yang tuntas, ibu guru yang cerdas, supaya menjadi anak yang nanti bisa berfikir dengan sehat, cerdas, dan ceria.

Kedua orang tua memberikan ilmu atau pendidikan. Akhlak budi pekerti yang baik. Orang tua memberikannya dengan penuh kasih sayang dan mempunyai harta digunakan untuk kepentingan anak untuk beribadah. Orang tua mengarahkan anaknya untuk sekolah dan di pondokan di pesantren.

Baca Juga :  Strategi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Seni Melipat Kertas atau Origami

Ketiga anak diberi ilmu tauhid dan harus mengutamakan ilmu agamanya. Orang tua nanti pun akan mengharapkan doa dari anak-anak yang sholeh sholehah. Setelah orang tua memberikan nama yang baik, ilmu agama, maupun pendidikan akhlak budi pekerti orang tua tidak lupa untuk mendoakan anaknya siang malam tanpa henti. Kasih sayang orang tua sepanjang hayat. Dengan sangat ikhlas dan sabar dan tanpa pamrih sedikitpun.

Baca Juga :  Kiai As'ad Syamsul Arifin dan Gairah Literasi Santri di Masanya

Keempat, orang tua memberikan jodoh kepada anaknya yang seiman dan seakidah. Dengan harapan supaya nantinya menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Allahumma Amin. Itulah kewajiban orang tua kepada anak. Semoga sebagai orang tua kita mampu memberikan nama yang baik kepada anak kita, memberikan pendidikan akhlak dan budi pekerti yang baik, mengenalkan ilmu agama atau tauhid, dan mencarikan jodoh kepada anak apabila sudah dewasa.

 

Penulis : Rojiah,Wiwin, Tuti, Ratini, Istiqomah dan  Milasih Anggota Fatayat dan Muslimat NU Padureso

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN