Dua Siswi SD Alifya Bondowoso Ini Berhasil Lolos ke Babak Final KMNR 19 2024, Begini Perjuangannya


Dua Siswi SD Alifya Bondowoso Ini Berhasil Lolos ke Babak Final KMNR 19 2024, Begini Perjuangannya. (Foto : Istimewa)

Wartanu.com - Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) merupakan salah satu ajang lomba yang diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Non Money Oriented dengan soal yang sesuai dengan tingkatan.

Ajang tersebut rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya dan saat ini telah sampai pada tahun yang ke-19 sehingga ajang ini dikenal dengan KMNR 19.

KMNR ke-19 yang terlaksana lebih dari 40 kota se-Indonesia ini diikuti oleh 63.070 peserta di seluruh Indonesia dan salah satunya adalah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. 

Selain itu, ajang ini dimulai dari Babak Penyisihan pada 26 November 2023 sesuai lokasi yang ditentukan, Semi Final pada 25 Februari 2024 di Kraksaan, Probolinggo hingga Final di Ecovention Hall Ancol, Jakarta pada 28 April 2024.

Sekolah Dasar (SD) Alifya Bondowoso juga turut serta mengirimkan 4 peserta didiknya untuk berkompetisi dalam ajang tersebut pada level 1 -6 SD.

Diantaranya Kirana Aqila (Kelas 2), Zella Arvinza Faiz (Kelas 2, Khoirussyifa Sholeha (Kelas 2) dan Arkan Dzikri Musyaffa’ (Kelas 1).

Pasalnya, keempat peserta didik tersebut merupakan siswa-siswi yang tergabung dalam sebuah program Alifya Juara di SD Alifya Bondowoso.

Koordinator Alifya Juara SD Alifya Bondowoso, Yani Fakhrul Aryanto menyampaikan bahwa kompetisi tersebut merupakan ajang yang sangat menantang dengan tingkat kesulitan soal yang sangat menguras pikiran.

“Soal-soal dalam kompetisi ini sangat menantang dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Mengingat bersifat nalar,” katanya saat di konfirmasi via  Whatsapp pada Kamis, (25/4/2024).

Tidak hanya itu, tiga peserta didik yang mewakili SD Alifya Bondowoso tidak mudah dalam melewati setiap langkah untuk bisa lolos hingga ke tingkat nasional.

Menurutnya, Kirana Aqila, Zella Arvinza Faiz dan Khoirussyifa Sholeha sebelumnya mengikuti Babak Penyisihan di Rumah Pintar, Bondowoso yang diikuti oleh 50 Peserta dan dinyatakan hanya 5 peserta yang lolos dengan 3 diantaranya adalah Siswi SD Alifya Bondowoso.

Tidak berhenti disitu, mereka yang akhirnya dinyatakan lolos ke Semi Final KMNR 19 Tahun 2024 di tingkat Provinsi Wilayah Probolinggo pada KMNR ke-19 yang dilaksanakan di Kraksaan, Probolinggo dan diikuti lebih dari 160 peserta.

Namun, dari 160 peserta tersebut hanya 8 Peserta dan 2 diantaranya Zella Arvinza Faiz dan Khoirussyifa Sholeha dari SD Alifya Bondowoso yang akan mewakili Provinsi Jawa Timur menuju Final To The Ancol Jakarta (Babak Final KMNR 19 Tahun 2024) pada 28 April 2024 mendatang yang bertempat di Ecovention Hall Ancol Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jebolan Alifya Juara di SD Alifya Bondowoso itu akan berkompetisi bersama dengan 330 peserta lainnya pada Level 1 KMNR ke-19 dari seluruh Indonesia di Ecovention Hall Ancol, Jakarta pada Minggu, (28 April 2024).

Disisi lain, Ketua Yayasan Alifya Bondowoso, Moh. Syaeful Bahar mengungkap bahwa ini merupakan pencapaian yang luar biasa sesuai dengan Visi atas didirikannya lembaga pendidikan tersebut dan berharap seluruh elemen mendoakan agar kedua anak didiknya bisa membawa nama baik Bondowoso di kancah nasional.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, sesuai dengan Visi sekolah kami ”Berdaya Saing Global” dengan orientasi selain Pendidikan Karakter dan Penanaman Akhlakul Karimah terhadap peserta didik serta juga mampu berkompetisi dalam setiap ajang. Saya juga berharap sambungan doa untuk anak didik kami yang akan berjuang membawa harum nama baik Kabupaten Bondowoso di Jakarta,” pungkasnya.


Kontributor : Yani Fakhrul Aryanto, S.Pd (Koordinator Alifya Juara di SD Alifya Bondowoso)

Editor : Haris

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN