PC LTN NU Bondowoso Kolaborasi dengan Fatayat NU dan Ponpes Nurussalam Tamanan untuk Kegiatan Pelatihan Kader Literasi Zona Tapal Kuda


PC LTN NU Bondowoso bersama Pengasuh Pondok Pesantren Nurussalam, Tamanan, Bondowoso. (Istimewa)

Wartanu.com - Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta'lif Wan Nasyr (LTN) Nahdhatul Ulama (NU) Bondowoso akan menggelar acara PKL (Pelatihan Kader Literasi) Zona Tapal Kuda. Acara yang dijadwalkan pelaksanaannya pada Sabtu (29/6/2024) itu sedang tahap dirancang kolaborasinya dengan beberapa pihak.

Tempat kegiatan PKL Zona Tapal Kuda disepakati di Pondok Pesantren Nurussalam, Tamanan, Bondowoso. Hal itu juga sudah ditindaklanjuti oleh PC LTN NU Bondowoso selaku panitia lokal dengan sowan kepada pengasuh pondok pesantren Nurussalam.

"PKL merupakan kegiatan pelatihan menulis berbentuk profil atau biografi tokoh Kiai atau Bu Nyai yang sudah banyak berjasa dalam pemajuan NU. Karya peserta nanti akan diterbitkan berupa antologi atau bunga rampai", ungkap Mohammad Hairul selaku Ketua LTN NU Bondowoso.

Lebih lanjut, Hairul yang juga merupakan Instruktur nasional literasi baca-tulis menambahkan bahwa narasumber atau trainer kepenulisan dalam pelatihan ini semuanya difasilitasi oleh Literacy Centre PW LTN NU Jawa Timur.

Ketua Panitia PKL Zona Tapal Kuda, Zaynur Roziqin menambahkan bahwa ada beberapa acara pendamping yang akan menyertai kegiatan PKL. Termasuk kegiatan dari PC Fatayat NU Bondowoso yang akan mengadakan acara internal yang pematerinya juga dari narasumber pengisi PKL.

"Mumpung ada fasilitator dari PWNU Jatim, maka beberapa lembaga di PCNU Bondowoso ada yang tertarik untuk mengadakan acara internal dengan memanfaatkan kehadiran mereka di Bondowoso", ungkap Zaynur Roziqin.

Disisi lain, Pengasuh Pondok Pesantren Nurussalam Tamanan Bondowoso, KH. Hasyim Husnan menyambut baik kegiatan PKL Zona Tapal Kuda. Termasuk kesediaan lembaga asuhan beliau untuk menjadi tempat kegiatan.

"Profil tokoh-tokoh yang sudah banyak berjasa bagi NU itu memang sangat penting dituliskan. Salah satunya agar kita bisa menjadikannya teladan bersama termasuk bagi generasi yang akan datang", ungkap Kiai Hasyim.

Berapa pemateri yang dijadwalkan hadir adalah Dr. Nailatin Fauziyah, M.Psi, M.Si (Dosen Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya). Dr. (C) Rijal Mumaziq Z, M.H.I (Rektor Universitas Al-Falah As-Suniyah Kencong Jember). Ayung Notonegoro (Komunitas Pegon Banyuwangi). Ayunda Rahmawati, S.Si (Media Dewan Kesenian Jawa Timur). Nur Faishal, S.H (Managing Editor Viva Jatim).


Pewarta : Zaynur Roziqin

Editor : Haris

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN