Forsis Bondowoso Gelar Maulid dan Refleksi Hari Santri di Tengah Pandemi

Suasana Forum Silaturahmi Santri (Forsis) Kabupaten Bondowoso di Pondok Pesantren Darul Ulum, Jumat (13/11) malam.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dimanfaatkan Dewan Koordinasi Cabang Forum Silaturahmi Santri (DKC Forsis) Kabupaten Bondowoso dengan menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa sekaligus refleksi Perjuangan Santri  untuk NKRI, di Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari, Jumat (13/11) malam.

Ketua DKC Forsis Bondowoso, Yayan Hidayat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pengasuh Ponpes Darul Ulum yang telah memberikan fasilitas tempat.

"Kami juga berterima kasih kepada para tokoh agama, dan sejumlah pihak yang ikut menyukseskan kegiatan ini," katanya.

Menurutnya, Forsis di Kabupaten Bondowoso masih baru. Maka pada kegiatan ini, pengurus juga mensosialisasikan atau memperkenalkan diri kepada masyarakat. "Bahkan kegiatan ini jadi yang pertama," imbuhnya.

Keberadaan Forsis kata dia, tak lain untuk menyokong dan membantu program pesantren. Bukan untuk melangkahi asosiasi alumni pesantren yang telah ada.

"Kami punya kegiatan berbasis pesantren, baik di bidang pendidikan, enterpreneur, intelektual, digitalisasi dan sebagainya," paparnya.

Sebab kata dia, di era digital ini, santri harus punya daya saing. Tak hanya ilmu agama, tapi juga di lini kehidupan yang lain.

"Keberadaan Forsis siap memfasilitasi itu. Siap menggagas pelatihan, atau pendampingan. Kami akan selalu berkoordinasi dengan pesantren yang ada," tegasnya.

Tidak hanya bekerjasama dengan pesantren, Yayan juga mengatakan siap bersinergi dengan pemerintah. "Insyaallah Forsis juga siap membantu pemerintah memerangi Covid-19," terangnya.

Pengasuh Ponpes Darul Ulum Abdus Salam menyambut baik, dan menyampaikan terima kasih kepada pemuda yang tergabung dalam Forsis. 

"Semoga ini menjadi awal yang baik, bagi kita semua," tuturnya.

Ia berpesan pada santri dan Forsis pada khususnya, agar meneruskan perjuangan para ulama. 

"Semoga menjadi santri yang menyampaikan ajaran yang sesuai ajaran Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah," harapnya.

Pemberian cindera mata oleh Forsis Bondowoso kepada beberapa Organisasi alumni Pesantren

Dalam kesempatan itu, Forsis Bondowoso juga meberikan cindera mata berupa ucapan selamat Hari Santri Nasional 2020, kepada pesantren dan beberapa organisasi alumni pesantren.

Pantauan di lokasi, hadir dalam kesempatan tersebut, Pengasuh Ponpes Darul Ulum KH Abdus Salam, Ketua MWCNU Wonosari Ustad Wasik, Ketua PC PMII, tokoh masyarakat, dan para santri. 

Kegiatan Maulid Nabi dan Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa yang diselenggarakan DKC Forsis Bondowoso ini diisi dengan Shalawat Barzanji, tahlil dan doa bersama untuk para leluhur, ulama, pahlawan, serta demi keselamatan bangsa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan membatasi jumlah peserta. (*)


Penulis : Muhammad B

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.