HUT Ke-75 PT Garam : Muslimat NU Bondowoso Raih Juara 3 Endorsement Contest

Jajaran PC Muslimat NU ketika membuat video ambassador produk garam segitiga-G, di Kawah Wurung Bondowoso (Foto : Kontributor) 
Berawal dari Memorandum of Understanding (MOU) yang dilakukan oleh PC Muslimat NU Kabupaten Bondowoso dengan PT. Harapan Sehat Indonesia Surabaya. Pada tanggal 4 September 2020 yang dilaksanakan di Graha NU Kabupaten Bondowoso. Sebagai pihak pertama adalah PT. Harapan Sehat Indonesia diwakili oleh Bapak M. Yunus, beliau adalah National Sales Manager PT. Harapan Sehat Indonesia selaku Marketing Agent PT. Garam (Persero).  

PC Muslimat NU Kabupaten Bondowoso sebagai pihak kedua, MoU tersebut ditandatangani oleh Ketuanya langsung Ibu Ny. Hj. Dra Mustakmilah. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Ny. Hj. Nur Fadilah sebagai sekretaris umum (sekum) dan Ibu Hj. Chunaeni selaku bendahara. Di dalam kesepahaman dinyatakan bahwa masing-masing pihak sepakat menjalankan misi program sehat mengkonsumsi garam halus beryodium merk Segitiga-G 250gr produksi PT Garam (persero). Biangnya Garam Beryodium utamanya kepada warga NU Cabang Kabupaten Bondowoso

Dari hasil itulah ada beberapa agenda kegiatan yang harus dilaksanakan antara lain lomba ambassador produk Garam merk Segitiga-G 250gr dan pengiriman 10.000 paket garam, satu paket berisi 3 bungkus garam dan hadiah satu sendok cantik. Pengiriman pertama 10.000 paket garam laris manis dibeli oleh para ibu-ibu muslimat NU Kabupaten Bondowoso dan masyarakat Bondowoso secara luas. Karena laris manis akhirnya di tambahlah paket berikutnya yaitu 20.000 paket garam yang juga ludes terjual dalam waktu singkat. 

Agenda kegiatan selanjutnya adalah menjadikan ambassador produk Garam Segitiga-G Biang-nya Garam Beryodium Produk PT. Garam Persero. Untuk mewujudkan impian tersebut Muslimat NU harus mengikuti kontes video berdurasi 30 detik, cuap-cuap dengan calon pembeli atau warga NU atau cuap-cuap di depan para anggota Muslimat.

Titik fokus penekanan narasi/cuap-cuapnya pada Garam Segitiga-G Biang-nya Garam ber-Yodium Produksi PT. Garam Persero. Dalam lomba ini diambil 5 pemenang dari seluruh PC Muslimat NU se-Jatim. 

Ibu NY. Hj. Farida Sobri selaku Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Bondowoso yang mendesain video ambassador produk garam segitiga-G tersebut. Bisa dikatakan beliau yang menjadi sutradaranya. 

Awalnya beliau berfikir, untuk setting tempat di kediaman beliau. Dengan narasi percakapan antara dua ibu muslimat yang punya latar belakang budaya berbeda. Ibu Ny.Hj. Farida Sobri yang asli sunda sedang bercakap-cakap tentang manfaat garam dengan Ibu Ny. Agustin Fuad asli Bondowoso dengan logat maduranya. "Pastilah lucu." pikir beliau. Tetapi beliau masih ragu dengan konsep iklan seperti itu. 

"Ada yang kurang menarik kalau setting tempatnya di rumah. Pastilah sebagian besar PC-PC yang lain mendesain iklannya hanya sekitar rumah atau warung. PC Muslimat NU Kabupaten Bondowoso haruslah berbeda. Harus ada ikon lokal yang menjadi tampilan menarik dalam pembuatan iklan ini." Mulailah beliau berpikir keras, bak gayung bersambut. 

PC NU Kabupaten Bondowoso mempunyai agenda kegiatan Turba Upgrading Peningkatan Kapasitas Pengurus NU bersama PC Muslimat NU dan banom-banom yang lain ke MWC Ijen yang ditempatkan di kecamatan Ijen. Di Ijen ada kawah Wurung yang sangat esotik, tempat wisata unggulan Kabupaten Bondowoso. Tanpa banyak pikir, muncullah ide cemerlang. 

“Nah ini kesempatan manis, harus dimanfaatkan untuk membuat iklan tentang manfaat garam yang nantinya bisa diikutkan kontes ambassador produk garam segitiga-G biangnya garam beryodium.” ucap bu Nyai muda yang cerdas ini.

Setelah Pengurus Cabang NU selesai melaksanakan kegiatannya di Kecamatan Ijen. Akhirnya PC Muslimat NU melipir ke Kawah Wurung. Yang kemudian mengambil kesempatan untuk membuat iklan produk garam segitiga-G versi PC Muslimat NU Kabupaten Bondowoso. 

Berdasarkan arahan dari Ibu Ny. Hj. Farida Sobri, dipilihlah beberapa ibu-ibu Muslimat untuk berperan dalam pembuatan iklan garam segitiga-G ini, dengan pemeran utamanya Ibu Ny. Agustina, Ibu Azizah dan Ibu Ny. Hj. Farida sendiri. Sedangkan beberapa ibu-ibu yang lain adalah sebagai peran pendukung.

Data pemenang Endorsement Contest priode 1 s/d 30 Oktober 2020 (Foto : Istimewa) 
Gambaran Video iklan garam beryodium dipaparkan oleh oleh Ibu Ny. Hj. Farida Sobri sebelum melakukan editing. 

"Kawah Wurung ini menjadi background. Kemudian, Ibu Agustin Fuad sedang berjalan santai di tengah-tengah padang sabana sambil membawa garam. Tatkala beliau berjalan, Ibu Ny. Hj. Farida memanggil beliau dengan bahasa Sunda “Ibu Agustin bade kemana?” Ibu Agustin pun menjawab “eeehh teteh saya melleah buje teteh?” (eeh mbak, saya akan membeli garam mbak) “Apa itu buje?" Kata Bu Ny. Hj. Farida. 

kemudian datanglah ibu Azizah untuk menjelaskan bahwa buje adalah garam. 

"Garam segitiga-G adalah biangnya garam beryodium. PT. Garam telah bekerja sama dengan Muslimat NU, sehingga kita harus memakai garam ini. Mengapa? Karena garam beryodium mencegah gondok dan meningkatkan kecerdasan juga mencegah kolesterol. Ayooo ibu-ibu Muslimat, kita harus menggunakan garam beryodium." Jelasnya sembari mengayunkan tangannya seraya mengajak. 

Serempaklah para ibu-ibu muslimat dengan membawa garam segitiga-G 250gr, bendera merah Putih dan bendera Muslimat sembari menyerukan suara ajakan untuk menggunakan garam Segitiga-G beryodium. Diakhir iklan para bunda muslimat meneriakkan yel-yel. 

"Siapa Kita?" dengan serentak. Jawabnya kemudian "Muslimat NU." "NKRI." sahutnya kembali "Harga Mati." "Pancasila." "Jaya." akhirnya. 

Tetapi sayang tampilan video tersebut tidak semuanya bisa dikirim kepada panitia lomba, karena terbentur dengan aturan lomba yg hanya dibatasi dengan durasi 30 detik. Pada akhirnya video yang dikirim hanyalah point utama saja yaitu penjelasan tentang manfaat garam beryodium yang dijelaskan oleh Ibu Azizah dan Ibu Yayah Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Bondowoso dan beberapa Muslimat lain sebagai peran pendukung. 

Di akhir video tertera tulisan “Jayalah terus Muslimat NU bersama Garam Segitiga-G Biangnya Garam beryodium Produksi PT Garam Persero”. 

22 November 2020, kini telah sampai pada pengumuman pemenang. Juara 1 diraih oleh Team PAC Muslimat NU Dringu Kabupaten Problinggo dengan uang Pembinaan Rp. 2.000.000,-. Juara 2 diraih oleh PAC Muslimat NU Paron Kabupaten Ngawi dengan uang pembinaan Rp. 1.750.000,-. Juara 3 diraih oleh PC Muslimat NU Kabupaten Bondowoso dengan uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000,-. Juara 4 diraih oleh PAC Muslimat NU Rejotangan Kabupaten Tulungagung dengan uang pembinaan Rp. 1.250.000,-. Juara 5 diraih oleh PAC Muslimat NU Kabupaten Situbondo dengan uang pembinaan Rp1.000.000,- dan Untuk Propinsi yang lain juga mengadakan kegiatan serupa. 

Hadiah untuk PC Muslimat NU Kabupaten Bondowoso diterima langsung oleh pimpinan ibu Ny. Hj. Mustakmilah. Ucapan selamat untuk team Muslimat NU Kabupaten Bondowoso atas penghargaan yang diterima dan diraihnya. 

Selamat dan sukses untuk Bunda Muslimat se-antero Nusantara. Jayalah Muslimat NU, Jayalah Indonesia. 


Kontributor : Retna Nareswari Azzahra

Editor : Haris



Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.