Catatan Kamis : 1 Jam Cinta Tulisan

Veny Murni Mima Rania, Alumni MAN Bondowoso
Kulangkahkan kaki menuju alun-alun Bondowoso. Depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Bondowoso menjadi tujuan awal pijakkan kakiku, tempat bersantai ria dan diskusi bersama sahabat-sahabatku.

Agendaku kali ini adalah 1 jam cinta tulisan. Kegiatan ini tentang seputar bagaimana membudayakan baca-tulis dan aku suka dengan hal itu. Bagiku, budaya Literasi sangatlah penting, Khususnya bagi mahasiswa, sudah menjadi tugas yang harus dilakukan dalam kehidupannya. Membaca, menulis dan diskusi inilah yang saya maksud. 

Setiap orang yang hadir, tidak lupa semuanya membawa buku. Tanpa harus ditentukan, buku apapun itu. Aku pun membawa buku yang saat ini kunikmati selalu.

Baca Juga : 

Beragam buku berserakan dalam 1 jam cinta tulisan ini. Aku memilih untuk membaca buku tentang Pesan-Pesan Cinta Rabi'ah al-Adawiyah, karena nama itu membuatku bernostalgia dengan nama pramuka di MAN Bondowoso, kala itu, aku masih di duduk di bangku sekolah. 

Selain itu, aku juga tertarik untuk mengetahui sosok Rabi'ah al-Adawiyah lebih dalam lagi. Katanya, dia adalah seorang sufi wanita. Dan, kesufiannya itu dikenal dengan mahabbah atau cintanya.

Dalam 1 jam cinta tulisan ini, banyak pengetahuan baru yang dapat dipetik. Karena kegiatannya dibagi menjadi tiga tahap, 20 menit membaca, 20 menit menjelaskan hasil bacaan, dan 20 menit menulis hasil daya serap dari hasil membaca dan yang dijelaskan.

Saat tahap kedua berlangsung, semua yang hadir mengapresiasi atas penjelasan yang kusampaikan. Walau hanya beberapa menit saja, aku cukup puas karena bisa menularkan ilmu yang baru saja didapat dari hasil membaca.

1 jam cinta tulisan menarik untuk kita selami, semoga dengan ini kedepannya bisa membuatku semakin menjadikan literasi sebagai budaya dalam hidupku.

Salam literasi.

Salam 1 jam cinta tulisan.

Bondowoso, 10 Desember 2020



Penulis : Veny Murni Mima Rania, Alumni MAN Bondowoso

Editor : Haris

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.