PC Fatayat NU Kabupaten Bondowoso Adakan Sekolah Jurnalistik Dasar

Sekolah Jurnalistik dasar yang diadakan oleh PC Fatayat NU di Graha NU Bondowoso (07/12) 
Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Bondowoso mengadakan sekolah jurnalistik di Graha NU Bondowoso, demi ikut berperan dalam dunia literasi khususnya melalui media online saat ini. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Fatayat NU se-Kabupaten Bondowoso, Senin (07/12). 

Dalam pelatihan tersebut LTN NU Kabupaten Bondowoso mengutus Muhammad Bahri, wartawan Times Indonesia untuk menyampaikan materi tentang teknik menulis berita yang baik dan benar.

Ibu-ibu Fatayat NU sangat antusias dan bersemangat dalam menyimak penyampaian dari narasumber. 

Bahri manyampaikan bahwa menulis, khususnya menulis berita, sangat mudah bahkan untuk setiap orang.

"Menulis berita itu sangat gampang," ujar Bahri dalam pembukaan materinya. 

Baca juga : 

Lebih lanjut Bahri menjelaskan selain rumus 5W+1H termuat dalam berita, terdapat pula beberapa unsur dalam berita, seperti memiliki nilai aktual, faktual, penting dan menarik. 

"Yang menjadi titik tekan dari berita adalah menarik. Tentu menarik akan membuat pembaca semakin renyah menikmati tulisan." jelas Bahri. 

Bahri juga menyampaikan, bahasa yang digunakan dalam penulisan berita adalah bahasa sehari-hari. Tidak dianjurkan dalam berita menggunakan bahasa ilmiah atau bertele-tele. 

"Karakter bahasa yang digunakan bersifat sederhana dan mudah dipahami ringkas, jelas dan padat," lugasnya. 

Seusai materi, peserta pelatihan dibimbing untuk praktik penulisan berita
Acara pelatihan yang diadakan oleh PC Fatayat NU dilanjut dengan praktik langsung. Bahri menilai dengan banyak praktik seseorang lebih mudah untuk belajar menulis. 

Dengan bersemangat para anggota pelatihan yang berjumlah 20 orang itu, langsung mempraktikkan materi yang disampaikan narasumber. Setelah selesai mempraktikkannya, peserta pun memberikan hasilnya kepada narasumber (Bahri) untuk dikoreksi. 

Sementara itu Anisatul Hamidah, S.Ag., SH., M.Si., M.Kn, Sekretaris Umum PC Fatayat NU Bondowoso berharap, adanya pelatihan jurnalistik tersebut memberikan banyak manfaat kepada seluruh anggota pelatihan. 

"Semoga ini menjadi perantara (washilah) untuk Fatayat NU Kabupaten Bondowoso bisa berperan di media sosial terlebih dalam bidang jurnalistik. Agar bisa menyampaikan suatu hal yang ada dalam wadah ini," pungkas Anis. (*) 


Penulis : Haris

Editor : Gufron



Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.