Kisah Kiai Sonhaji Madura Hadir Ke Majelis Al Ahadi di Genggong, Sekilas Menutup Mata Telah Sampai Pajarakan

Kiai Sonhaji hadiri Majelis Taklim Al Ahadi yang diasuh langsung oleh Kiai Hasan Sepuh Genggong 

Kiai Jazuli merupakan waliyullah dari Madura yang masih keturunan dari salah satu sunan yaitu Sunan Giri.

Pasalnya, Kiai Jazuli juga paman dari KH Mohammad Hasan (Kiai Hasan Sepuh Genggong) yang umurnya sangat jauh lebih muda.

Beliau memiliki putra yang bernama Kiai Sonhaji dan istikamah mengikuti Majelis Taklim Al Ahadi di Pondok Genggong Probolinggo.

Baca Juga :

Bahkan, Kiai Sonhaji tidak pernah memperhitungkan jarak yang terbentang antara Madura - Probolinggo untuk hadir ke majelis ilmu dan mengagungkan pemilik ilmu.

Selain, Kiai Hasan Sepuh Genggong memang terkenal dengan kewaliannya yang masyhur hingga ke pelosok negeri.

Sebagaimana hal ini ditulis oleh salah satu cucu dari Kiai Hasan Sepuh Genggong yaitu KH Muhammad Hasan Maulana (Nun Diego Genggong).

Baca Juga :

Kisah itu ditulis pada saat menjelang peringatan Haul Ke-70 Kiai Hasan Sepuh Genggong di Masjid Jami' Al-Barokah.

Haul Kiai Hasan Sepuh Genggong rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya dan biasanya bertepatan pada tanggal 11 Syawal dalam hitungan kalender hijriah.

Kembali ke kisah Putra Kiai Jazuli yaitu Kiai Sonhaji yang ikut Majelis Taklim Al Ahadi tersebut dalam setiap minggunya hanya menggunakan dokar atau delman (alat transportasi kuda) dari Madura ke Probolinggo.

Baca Juga :

Dalam setiap perjalanan Kiai Sonhaji bersama dengan supirnya pasti meminta untuk meminta menutup mata jika sudah sampai ke tempat yang sepi.

Kemudian, pada saat supir Kiai Sonhaji membuka matanya seketika telah sampai di Pajarakan yang lokasinya sudah sangat dekat dengan Genggong.

Menurut informasi bahwa Pajarakan merupakan Kecamatan yang lokasi tepatnya berada di utara pondok Genggong.

Itulah karomah Kiai Sonhaji yang hadir ke Majelis Taklim Al Ahadi yang diasuh oleh Kiai Hasan Sepuh Genggong untuk mengangungkan ilmu. ***


Penulis : Haris

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN