Tingkatkan Amalan Baik di Bulan Ramadan, PCNU Bondowoso Adakan kajian Menjelang Buka

Dr. KH. Mas’ud Ali, Saat mengisi kajian Sullam Taufiq di Masjid KH. Hasyim Asy'ari Bondowoso
Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nanti oleh setiap muslim. Bahkan, jika seseorang merasa bahagia akan datangnya bulan Ramadhan, Maka, orang tersebut akan senantiasa mendapat kebajikan. Sehingga tidak sedikit bagi mereka berlomba-lomba dalam melakukan amalan-amalan yang baik.

Salah satu amalan baik yang bisa dan gampang dilakukan oleh setiap muslim adalah dengan menambah pengetahuan, baik melalui belajar atau mengikuti pengajian-pengajian yang diadakan oleh para Kiai.

Demi menyemarakkan bulan suci Ramadhan tersebut dan menambah amalan baik yang bisa menambah Pahala, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bondowoso adakan Kajian Kitab setiap hari menjelang buka puasa, tepatnya pada jam 16:30-17:15 WIB.

Baca Juga :

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid KH. Hasyim Asy’ari Bondowoso itu juga disiarkan secara online melalui channel youtube Harokah Official dan bekerja sama dengan Tim wartanu.com.

Kegiatan yang pertama kali dilakukan di bulan Ramadhan ini diisi tentang kitab Sullam Taufiq. Adapun pemantik dalam kajian tersebut dipimpin langsung oleh Dr. KH. Mas’ud Ali, Wakil Rais Syuriyah PCNU Bondowoso.

Dalam kajian yang disiarkan Live Streaming tersebut Dr. KH.Mas’ud Ali menyampaikan bahwa adanya kajian tersebut diharapkan menjadi tambahan barokah dan dilipat gandakan semua pahala dibulan yang suci ini.

“Semoga pembukaan kajian kitab yang diselenggarakan oleh PCNU Bondowoso ini, menjadikan kita umat muslim senantiasa mendapat limpahan kebaikan dalam menjalankan perkara yang wajib seperti puasa dan lain sebagainya,” ungkap Kiai Mas’ud saat memulai kajian.

Suanan kajian kitab menjalang Buka puasa yang diadakan oleh PCNU Bondowoso 
Saat menyampaikan moqoddimah kitab Sullam Taufiq yang menjadi bahan kajian tersebut, Ketua Yayasan Riyadhus Sholihin itu menjelaskan perihal pembahasan yang ada didalam kitab Fiqih tesebut.

Diantara salah satu isi kitab Sullam Taufiq yang paling pentig untuk disampaikan adalah tentang Salat, Zakat, Puasa, Perhatian terhadap perkara yang halal serta beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh masyarakat pada umumnya.

“Isi yang ada didalam kitab ini tidak mungkin tuntas dibahas dalam beberapa pertemuan yang tidak setiap hari. Karena setiap harinya narasumbernya berbeda. Paling tidak ada kata pengantar yang bisa disampaikan sebagai bekal dalam memahami isi yang ada didalam kitab ini. Terutama bekal dalam hidup bermasyarakat,” jelas Kiai Mas’ud saat menyampaikan beberapa sub bab yang ada dalam kitab Sullam Taufiq.

Dengan menyampaikan sub bab terlebih dahulu kepada pada peserta kajian, dirinya berharap Muqoddimah kajian Rutin tersebut dapat dicerna dan dicermati dengan baik bagi muda-mudi yang mengikuti kajian tersebut, Baik secara online maupun offline.

Pantauan di lapangan, kegiatan tersebut dihadiri oleh segenap PCNU Bondowoso, Tim Kreatif Channel Youtube Harokah Official, Tim Redaksi Warta NU, dan segenap Santriwan-Santriwati serta partisipan yang senantiasa berjamaah dan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di masjid KH. Hasyim Asy’ari Bondowoso. (*)


Penulis : Haris 

Editor : Gufron

Diberdayakan oleh Blogger.