Perkuat Nasionalisme kemerdekaan, Ansor Balongbendo Gelar Shalawat Bersama

Demi memeriahkan HUT RI ke-77, Ansor Balongbendo Gelar Shalawat Bersama
Sidoarjo -  Semarak peringatan hari kemerdekaan terus berlanjut di kabupaten Sidoarjo. Ribuan santri dan masyarakat se-Kecamatan Balongbendo dan sekitarnya membanjiri Lapangan desa Waruberon kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, guna menghadiri acara Ansor Balongbendo Bersholawat, Kamis malam (18/08/2022).

Kegiatan tersebut merupakan kumandang shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan harapan mendapatkan syafaat dari-Nya.

Salah satu Panitia acara tersebut, Ahmad Dian budianto, mengatakan kegiatan tersebut sebagai wujud syukur dan sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-77 RI dalam rangkaian Gebyar  UMKM Agustusan Balongbendo. 

Baca Juga :

Ia mengungkapkan, selaku kader NU dan warga negara Indonesia pihaknya memeriahkannya dengan cara keagamaan yakni dengan bershalawat.

"Berbagai kegiatan dan lomba dilakukan oleh rakyat indonesia. Kita sebagai kader NU dan warga negara Indonesia, memeriahkannya dengan mengadakan shalawat sebagai wujud syukur bersama," kata pria yang akrap disapa Dian itu.

Pemuda asal Desa Seduri tersebut menyampaikan kegiatan tersebut dihadiri Kyai Khos, Masayikh dan tokoh masyarakat nampak hadir juga. 

Acara shalawat dipandu langsung oleh Habib Hasan Bin Ali Alaydrus, Habib Hadi Assegaf, Habib Shofi Bin Hasan Al Masyhur, Habib Ahmad Bin Hasan Al Masyhur, Habib Abdurrahman Bin Abdul Kadir Assegaf, Habib Ridho Bin Abdul Kadir Assegaf, Habib Syahrul Mubarok Bin Hasyim Al Kaff, Habib Haidar Ba'agil, Habib Alwi Bil Faqih, Habib Zaki Abdullah Al Musawa yang diiringi Hadrah Al Firdaus Dari Sidoarjo, Gus Sendy dan Gus Arisdianto sebagai vokalnya.

Ketua PAC GP Ansor Balonbendo, Sugeng Harianto, S.E, menambahkan, dengan digelarnya shalawat tersebut agar dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan karakter kebangsaan untuk mencintai bangsa Indonesia, khas kader NU.

"Dengan memperingati hari kemerdekaan ini, dapat memupuk sikap nasionalisme dan semangat cinta tanah air," Tegas pemuda asal Desa Bogempinggir tersebut.

Menurutnya Kemerdekaan Indonesia tidak luput dari peran kyai dan santri. Pada masa perjuangan kemerdekaan, KH Hasyim Asy'ari turut berperan hingga muncul Resolusi Jihad dan menganjurkan kepada santri untuk cinta tanah air dan ikut berjuang melawan penjajah.

Ia juga berpesan sebagai Banom NU harus menyiapkan kader yang handal disemua lini yang memiliki kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW dan mencintai tanah air. 

Hal itu sangat penting bagi kader muda NU untuk mengantisipasi adanya ajaran khilafah yang merusak dan merongrong kedaulatan NKRI.

"Ansor dan NU berada garis depan dalam memperjuangkan dan mempertahankan keutuhan NKRI, NKRI harga mati," Tandasnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas semua partisipasi Panitia acara, Pemerintah Desa Waruberon, jajaran MWC NU Balongbendo serta seluruh Banom NU di wilayah kecamatan Balongbendo dan sekitarnya atas suksesnya gelaran Ansor Balongbendo Bersholawat.


Penulis : Kontributor wartanu.com

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN