PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK SEJAK DINI

Ilustrasi, Pentingnya Pendidikan Agama Bagi Anak Sejak Dini (Foto : Pexels)

Wartanu.com - Akhir-akhir ini di lingkungan kita banyak sekaliditemukan kasuspernikahan dini pada anak remaja. Jika kita telurusi hal ini disebabkan kurangnya pengawasan dari orang tua. Lingkungan juga sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian remaja penggunaan HP atau Gadget yang berlebihan. 

Bahkan remaja melihat konten-konten yang tidak sesuai dengan usia dan berbau SARA yang tidak diawasi oleh orang tua. Pemasangan WiFi ditempat- tempat umum sehingga memudahkan para remaja untuk mengakses konten-konten pornografi.

Baca Juga : Rakercab PC Pergunu Bondowoso, KH Abdul Qadir Syam; Sampaikan Nilai Aswaja yang Sesuai Agar Tidak Berbenturan di Lingkungan Masyarakat

Krisis moral yang terjadi pada remaja saat ini tidak hanya pernikahan dini hal lain seperti pergaulan bebas dengan lawan jenis yang dianggap hal biasa, yang lama-lama, Jika tanpa pengawasan orang tua akan menyebabkan pernikahan dini.

Anak-anak seusia remaja belum menyadari apa dampak dari pernikahan dini itu sendiri. Dampak dari pernikahan diantaranya:

Pertama, rawan KDRT. Anak-nak remaja secara psikis masih labil, Pola pikirnya belum matang dan belum bisa berfikir secara dewasa. Remaja belum bisa mengatasi segala permasalahan dalam rumah tangga. Itu semua akan memicu kekerasan dalam rumah tangga.

Baca Juga :  Hadir Memberikan Nasehat dalam Rakercab PC Pergunu Bondowoso, H. Ahmad Dhafir; Pergunu Tidak Boleh Melupakan Ma'arif

Kedua, dampak terhadap kesehatan. Dari hasil pernikahan dini akan terlahir anak stunting atau gizi buruk, Jika mereka dewasa akan mengalami penyakit tidak menular. Bagi remaja putri, pernikahan dinijuga menyebabkan kanker serviks dan kanker rahim. Karena belum matangnya organ kewanitaan.

Ketiga, dampak ekonomi. Dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi tidak tercukupi karena biasanya para remaja mengandalkan orang tua. Hal ini akan memicu tindak kriminal seperti pencurian dan pemerasan, Karena itu dianggap lebih instan untuk mencukupi kebutuhan materi.

Baca Juga : PW Pergunu Jawa Timur Berikan Arahan di Rakercab Pergunu Bondowoso, Abdul Mujib;Jangan Kagetan Menjadi Guru NU

Untuk mengatasi segala bentuk kenakalan remaja yang menyebakan pernikahan dini, pendidikan agama dalam keluarga harus menjadi pondasi utama. Bila perlu memasukkan anak kepondok pesantren agar tidak ada celah bagi anak untuk berbuat kriminal dan terbentuk akhlakul karimah pada anak.


Penulis : Omiyah (Ketua Muslimat NU Desa Pejengkolan) Sri Kusrini, Ngatiyem (Anggota Fatayat NU Desa Pejengkolan) dan Suryati (Anggota Muslimat NU Desa Pejengkolan).

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN