Apa Saja Sih Tanda-tanda Seseorang Bisa Dikatakan Baligh ?...

Ilustrasi, Genapnya umur lima belas tahun merupakan salah satu tanda seseorang dikatakan baligh
Pertumbuhan anak dari masa ke masa semakin menunjukkan perubahan, baik perubahan psikis maupun biologisnya. Misalkan perubahan yang terjadi pada psikis adalah lunturnya sifat kekanak-kanakan saat memasuki masa remaja. Perubahan pada biologisnya seperti dada tambah bidang dan lain sebagainya.

Perubahan seperti itu membuat seorang anak disebut dengan remaja, atau kalau dalam Islam disebut dengan mukallaf. Orang yang mempunyai akal dan sudah baligh, itulah yang disebut dengan mukallaf.

Orang yang sudah baligh, bisa kita ketahui dengan beberapa tanda. Syaikh Salim ibn Samir al-Hadhrami mengatakan ada tiga tanda yang bisa diteliti untuk menentukan seseorang apakah sudah baligh atau tidak dalam kitab Safinatun Naja-nya.

Tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

Sempurnanya Umur Lima Belas Tahun

Seorang anak apabila sejak umur sembilan sampai empat belas tahun belum mengalami Nocturnal emission (mimpi basah) atau keluar mani, maka tanda-tandanya sebagai orang baligh adalah ketika ia umurnya genap lima belas tahun. Baik itu laki-laki maupun wanita.

Pada umur lima belas tahun inilah, perubahan manusia dari anak-anak ke remaja sangat terlihat jelas. Seperti dada tambah bidang, tumbuhnya bulu di ketiak maupun di alat kelamin, dan masih banyak lagi contohnya. 

Baca juga :

Mimpi Basah

Tanda awal manusia dikatakan baligh adalah mengalami mimpi basah, yaitu mimpi yang sampai mengeluarkan mani, baik laki-laki maupun wanita.

Ketika manusia sudah mengalami mimpi basah pertamanya, maka seketika itu juga ia dinamakan orang yang baligh. Kemudian, mimpi basah ini akan dialami sejak umur sembilan tahun. 

Sehingga, apabila sampai umur empat belas tahun tidak pernah mengalami mimpi basah, maka tanda balighnya adalah sempurnanya umur lima belas tahun.

Haidh Bagi Wanita

Tanda yang terakhir khusus untuk wanita karena tidak ada ceritanya seorang laki-laki mengalami haidh. Seorang wanita, tanda balighnya ada dua, yaitu mimpi basah dan keluarnya darah haidh. 

Sehingga tidak heran, apabila ada wanita tidak pernah mengalami mimpi basah. Karena tanda balighnya bukan hanya mimpi basah melainkan juga keluarnya darah haidh. 

Seorang wanita akan mengalami haidh pertamanya pada umur sembilan tahun. Sehingga, apabila sampai umur empat belas tahun tidak pernah mengalami haidh dan mimpi basah, maka tanda balighnya adalah sempurnanya umur lima belas tahun.

فصل: علامات البلوغ ثلاث تمام خمس عشرة سنة في الذكر والأنثى والإحتلام في الذكر والأنثى لتسع سنين والحيض في الأنثى لتسع سنين.

Artinya: “Tanda-tandanya orang baligh itu ada tiga, yaitu sempurnanya umur lima belas tahun bagi laki-laki dan wanita, mimpi basah bagi laki-laki dan wanita ketika umur sembilan tahun, dan haidh bagi wanita ketika umur sembilan tahun.” (Matan Safinatun Naja, hlm. 16).


Penulis : Muhlas, Santri Ponpes Miftahul Ulum Tumpeng

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.