STAI At-Taqwa Bondowoso Salurkan Zakat Fitrah Melalui UPZ

Pendistribusian Zakat Fitrah oleh UPZ STAI At-Taqwa Bondowoso di Musalla STAI At-Taqwa Bondowoso (Foto : Istimewa) 
Segenap Civitas Kampus STAI At-Taqwa Bondowoso salurkan zakat fitrah melalui UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) kepada mahasiswa yang layak untuk menerima zakat, Jum'at (07/05).

Kegiatan yang bertempat di Musalla STAI At-Taqwa Bondowoso itu dihadiri oleh segenap mahasiswa yang sudah terdata untuk menerima zakat, seluruh civitas kampus, dan juga pimpinan kampus.

Abdul Wasik, M. HI, Ketua UPZ STAI At-Taqwa Bondowoso, menyampaikan bahwa UPZ STAI At-Taqwa Bondowoso resmi dibentuk oleh Baznas Bondowoso dan hari ini adalah pendistribusiannya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa UPZ merupakan lembaga yang baru untuk STAI At-Taqwa Bondowoso berdasarkan kerja sama dengan Baznas Bondowoso untuk kegiatan pengumpul zakat yang diberikan kepada Civitas Akademika STAI At-Taqwa Bondowoso.

"Kerja sama seperti ini sangat penting bagi perguruan tinggi karena bagaimanapun perguruan tinggi mempunyai 3 kegiatan yang dinamakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya juga ada pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga : 

Selama pengumpulan zakat, kata Abdul Wasik, civitas kampus, mahasiswa dan masyarakat setempat sangat responsif sekali, begitu pula dengan pendistribusiannya.

"Alhamdulillah UPZ yang menjadi posko pengumpulan zakat mendata sekitar 139 orang yang mengumpulkan zakat dan sedekah," ungkapnya.

Abdul Wasik menegaskan, hasil pengumpulan zakat dari civitas kampus beberapa hari yang lalu, resmi akan dibagikan kepada mahasiswa yang berhak menerima sesuai data survei. 

"Zakat yang dikumpulkan, baik dari pimpinan kampus, civitas kampus, mahasiswa dan masyarakat, hari ini akan didistribusikan kepada mahasiswa yang berhak untuk menerima zakat," jelasnya.

Ke depan, kata Abdul Wasik, UPZ STAI At-Taqwa Bondowoso ini mempunyai keinginan dan harapan bisa mengubah dan mengembangkan dari zakat yang sifatnya konsumtif menjadi zakat yang sifatnya produktif.

Drs. H. Akhmadi, M.Pd.I (paling kiri), Ketua STAI At-Taqwa Bondowoso turut membersamai saat pendistribusian zakat kepada mahasiswa
"Apa yang dikumpulkan oleh UPZ ini tidak semata-mata langsung diberikan kepada para mustahik zakat, akan tetapi bisa dikembangkan, diproduksi dan bisa dikelola secara maksimal oleh mahasiswa dan masyarakat menjadi usaha-usaha tertentu," paparnya.

Kemudian, lanjut Abdul Wasik, dari usaha-usaha itu bisa menimbulkan atau bisa menambahkan penghasilan yang kemudian penghasilan itu diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya tanpa mengurangi modal.

"Ini menjadi tujuan penting sehingga tidak hanya sehari habis, tapi bagaimana kiranya bisa memberikan kepada mahasiswa dan masyarakat, baik memberikan pekerjaan ataupun usaha sehingga dengan usaha itu minimal bisa mengurangi angka kemiskinan," pungkasnya.

Selain itu, dirinya juga berharap dengan adanya UPZ STAI At-Taqwa Bondowoso dan pendistribusiannya hari ini bisa menjalin hubungan baik dengan masyarakat, bahkan lebih dekat lagi.

Pendistribusian zakat fitrah oleh UPZ STAI At-Taqwa Bondowoso ini diberikan langsung oleh Ketua Senat STAI At-Taqwa Bondowoso, Drs. H. Akhmadi, M.Pd.I, Wakil Ketua 1 Bidang Akademik, Dr. Rifa'i, S. Ag, M. Pd.I dan Abdul Wasik, M.HI, Ketua UPZ STAI At-Taqwa Bondowoso.


Penulis : Muhlas

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.