Kitab Rujukan Utama Ushul Fiqih Mazhab Syafi'i

Ahmad Husain Fahasbu, Pengajar Ma'had Aly Nurul Jadid Paiton - Probolinggo
Banyak kitab ushul fiqih mazhab Syafi'i yang ditulis oleh ulama di masanya dan kitab-kitab itu terus menjadi rujukan utama dalam diskursus keilmuan, terutama terkait tema-tema ushul fiqih.

Dalam tulisan ini akan dipilih beberapa rujukan utama dan diurut sesuai dengan tahun kewafatan penulisnya.

Baca Juga : 

1. al-Risalah. sebuah karya yang disebut-sebut "kitab pertama" dalam ushul fiqih. ditulis oleh al-Syafi'i untuk menjawab permintaan Abdurrahman al-Mahdi di Khurasan. 

Al-Syafi'i menulis kitab ini saat ia ada di Irak dan kemudian ditulis kembali saat ia sudah tinggal di Mesir. kitab al-Risalah yang beredar hari ini adalah versi "tulisan" Mesir. al-Syafi'i wafat tahun 204 H.

2. al-Burhan fi Ushul a-Fiqh karya Imam al-Haramain al-Juwaini. kita tahu bahwa al-Haramain ini adalah guru al-Ghazali dalam bidang ushul fiqih (Syaikh al-Ghazali fi al-Ushul). 

Ibnu Khaldun memuji kitab al-Burhan. ia menulis: al-Burhan adalah salah satu kitab terbaik ushul fiqih mazhab Mutakallimin. al-Haramain wafat tahun 478 H.

3. al-Talkhis fi Ushul al-Fiqh. penulisnya sama seperti penulis al-Burhan, yaitu al-Haramain. kitab ini disebut-sebut memuat banyak hal penting dalam ushul fiqih. 

Penulisnya, konon, meringkas dari banyak kitab ushul fiqih dan kitab ini disajikan dengan bahasa mudah. kitab ini memuat banyak kaidah-kaidah ushuliyah dan masalah-masalah fiqih krusial. al-Haramain wafat tahun 478 H.

Baca Juga :

4. al-Mustashfa min al-Ilm al-Ushul. kitab yang disusun oleh al-Ghazali. kitab ini merupakan ekstraksi dari kitab Tahdzib al-Ushul, yang juga karya al-Ghazali sendiri. dalam kitab ini al-Ghazali membahas tentang term al-Hukm, al-Maqashid, al-Adillah al-Syar'iyah, al-Ijtihad dan lain-lain. 

Sekadar selingan, guruku Kiai Afifuddin Muhajir, Situbondo tiap habis Isya kecuali malam Sabtu, Selasa dan Jumat membacakan kitab ini untuk para santri. siaran langsungnya bisa disimak di kanal S3 TV. al-Ghazali wafat tahun 505 H.

5. al-Mahshul fi Ilm al-Ushul. kitab yang ditulis oleh Fakhruddin al-Razi. kitab ini amat penting sekali dan rujukan utama bagi siapapun yang hendak mendalami ushul fiqih. 

Penulisnya menghidangkan premis-premis ushuliyah, tentang bahasa, term Amr, nahi, Af'al al-Rasul, teori abrogasi (nasikh-mansukh), kiyas, teori tarjih dan tema-tema lain. kitab ini mendapat banyak apresiasi dengan diberi syarh, diringkas dan diberi catatan pinggir. al-Razi wafat 606 H.

6. al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, kitab yang ditulis oleh Saifuddin al-Amidi. kitab ini juga menjadi kitab penting dalam kajian ushul fiqih. dalam kitab ini dibahas soal "pengertian mendalam" tentang ushul fiqih, tentang teoritisasi dalil, fatwa, mufti dan mustafti dan beberapa tema lainnya. al-Amidi wafat 631 H.

Demikian, tulisan dengan tema kuliahushulfikih insyaallah akan berlanjut. Semoga istikamah dan bermanfaat.

Salam


Sumber Akun Facebook : Ahmad Husain Fahasbu

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN