Amankan Aset-aset Jam’iyyah, Ini yang Dilakukan PC LTMNU Kabupaten Bogor

KH Ahmad Sayadih Ketua PC LTMNU Bogor saat memberikan sambutan dalam acara Ngobrol Pintar bersama Rais Syuriah PBNU
Pengurus Cabang Lembaga Takmir Masjid Nahdhatul Ulama (PC LTMNU) Kabupaten Bogor gelar Ngopi Bareng bersama Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2015-2021 dengan Tema "Sosialisasi Pendataan Masjid dan Konsolidasi Perkuat Jamaah dan Jam'iyyah".

Tidak hanya tentang diskusi dan konsolidasi saja, dalam kegiatan Ngopi Bareng tersebut, pihak PC LTMNU Kabupaten Bogor juga melaunching program kerja pendataan masjid NU se-Kabupaten Bogor di semua tingkatan.

Acara yang bertujuan untuk mengamankan masjid yang dibangun oleh orang NU tersebut bertempat di Pondok Pesantren Bani Harun, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Kamis, (09/06/2022).

Melalui kegiatan tersebut PC LTMNU dengan cepat mengambil tindakan untuk membentuk tim khusus dalam melakukan pendataan yang dinahkodai oleh Kang Bagja sebagai ahli IT. Sehingga, diharapkan bisa dimanfaatkan agar prosesnya cepat.

Baca Juga : 

Tim khusus tersebut bertugas untuk mendata dan menginventarisir semua masjid NU dengan melibatkan seluruh pengurus mulai dari tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Bogor hingga pada tingkatan Ranting di Desa-desa.

Dokumentasi kegiatan Ngopi Bareng sekaligus launching pendataan masjid NU se-Kabupaten Bogor
Kegiatan yang juga bekerjasama dengan Kemenag Kabupaten Bogor itu hasilnya akan didokumentasikan dan dibuatkan data administrasi secara hukum sebagai aset milik jam’iyyah NU Kabupaten Bogor.

Ketua PCLTMNU Kabupaten Bogor, KH Ahmad Sayadih menyampaikan bahwa sebagai pengamanan aset NU. Agar tidak diakui oleh kelompok yang berusaha menguasai tanpa adanya bukti kepemilikan secara hukum.

”Pendataan terhadap masjid ini sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk mengamankan aset-aset NU dari serobotan kelompok lain yang berusaha menguasai masjid-masjid yang dibangun oleh orang NU,” ungkapnya.

Menurutnya, pendataan masjid NU itu merupakan bagian dari program yang dicanangkan oleh PC LTMNU untuk mengetahui jumlah dan data masjid yang dibangun oleh orang NU khususnya di Kabupaten Bogor.

”Pendataan ini memang perlu untuk dilakukan sebelum benar-benar terkumpul menjadi sebuah database masjid NU yang lengkap. Sehingga aset warga NU dapat terjaga dan terpelihara kepemilikan serta akidahnya di daerah dimana masjid itu didirikan,” tambahnya.

Ketua Tim IT LTMNU Kabupaten Bogor, Kang Bagja menuturkan, manfaat keikutsertaan masjid-masjid dalam program pendataan ini banyak sekali manfaatnya, salah satunya sebagai mapping masjid NU di Kabupaten Bogor.

"Ada banyak manfaat yang akan diperoleh bila masjid-masjid ini nantinya terdaftar ikut serta progam pendataan, salah satunya soal kepengurusan.  ID Masjid tentu akan secara otomatis terintegrasi dengan sistem layanan pemerintah,” tutur Kang Bagja.

Lanjutnya, Kang Bagja juga mengatakan bahwa program tersebut masuk ke dalam peningkatan data administrasi organisasi di kepengurusan cabang selama 1 periode ke depan.

"Di samping itu juga untuk peningkatan administrasi organisasi ke depan,” lanjutnya.

KH Manarul Hidayat, Rais Syuriyah PBNU periode 2015-2021 (Mengenakan Sorban Putih), saat menghadiri Ngopi Bareng yang diadakan oleh PC LTMNU Bogor
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2015-2021, KH Manarul Hidayat, mengapresiasi dan sangat mendukung program PC LTMNU Kabupaten Bogor untuk mendata masjid-masjid NU.

"Lanjutkan, saya sangat setuju dengan pendataan masjid-masjid di Kabupaten Bogor, untuk menyelamatkan aset warga NU dan juga menjaga Akidah agar tetap utuh dengan Amaliah ala Nahdliyin," tutup Kiai Manarul.

Hadir dalam kegiatan launching pendataan masjid NU se-Kabupaten Bogor sekaligus kegiatan ngopi bareng Kiai Manarul Hidayat di pondok pesantren Bani Harun, Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor, H Abdul Muiz (Kepala KUA Tenjo), H Abdul Aziz (Sekretaris PC LTMNU), Kiai Iwan, KH Abidin, H Mukhlis (Kordinator Ngopi Bareng), KH Maryudi, H Maryono MY, dan perwakilan pengurus MWCNU sekitar.


Kontributor: Abdul Hakim Hasan

Editor: Haris

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN