PERAN MEDIA SOSIAL UNTUK SYIAR DAKWAH

Ilustrasi, Peran Penting Media Sosial untuk Syiar Dakwah (Foto : Pexels)
Wartanu.com, Bogor - Pada era saat ini dunia digital mempunyai peran penting, hampir setiap waktu seeorang menghabiskan waktunya untuk bersosialisasi dan juga mendapatkan informasi hanya melalui gadget yang dimilikinya. Banyak fitur-fitur atau aplikasi yg saat ini digandrungi oleh anak-anak, remaja bahkan sampai orangtua, diantaranya yaitu: Tik Tok , instagram, youtub, facebook dan masih banyak lainya.

Baca Juga : PW Pergunu Jawa Timur Berikan Arahan di Rakercab Pergunu Bondowoso, Abdul Mujib;Jangan Kagetan Menjadi Guru NU

Salah satu media yang akan kita bahas adalah Tik Tok. Tik Tok merupakan salah satu media yang digemari oleh masyarakat indonesia, sebagian besar kalangan generasi milineal banyak yang mengakses Tik Tok. Tapi seperti kita ketahui kebanyakan dari mereka pengguna Tik Tok memanfaatkan aplikasi tersebut hanya untuk mengekspresikan diri mereka seperti berjoged, bernyanyi atau hanya sekedar membagikan kegiatan sehari-hari mereka.

Baca Juga : Muslimat NU Adakan Tabligh Akbar Perdana, Rois Syuriyah PCNU Bondowoso; Jadikan NU Seperti Tumpeng

Media sosial memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Karena melalui media sosial pesan bisa sangat cepat menyebar luas dan banyak memberikan pengaruh bagi semua orang baik dari kalangan muda maupun kalangan tua. Ada sisi positif dan tak jarang juga banyak ditemukan sisi negatif yang malah dijadikan panutan oleh anak-anak usia remaja. 

Hal ini menjadi PR kita bersama sebagai generasi milineal bagaimana menyikapi perubahan-perubahan pada era digital ini. Kita jangan hanya menjadi penonton atau pengguna saja , namun kita juga bisa ikut andil didalamnya sebagai  agen perubahan dengan ikut berkarya dan berinovasi agar bisa memberikan pengaruh positif kepada masyarakat.

Baca Juga : IKA UNUSIDA Periode 2023-2025 Resmi dilantik, Ali Masykuri : Semangat Khitmad Untuk NU

Sebagai generasi milineal kita harus bisa melihat peluang dan bisa memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh gadget untuk hal-hal yang bermanfaat dan bisa mempengaruhi seseorang untuk selalu menebarkan kebaikan, salah satunya yaitu dengan berdakwah. Berdakwah merupakan kegiatan mengajak, mempengaruhi seseorang untuk melakukan suatu kebaikan. Berdakwah juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah dan sudah dicontohkan sejak zaman para nabi.

Berdakwah melalui aplikasi Tik Tok sudah banyak dilakukan oleh ustadz-ustadzah milineal  dalam menyebarkan agama islam. Munculnya para Dai-Daiyah di aplikasi Tik Tok ini memudahkan masyarakat dalam mengakses , melihat , mendengar, dimanapun dan kapanpun. Dengan cara ini syiar islam pun terasa mudah dijangkau dan dipahami. 

Baca Juga :  Hadir Memberikan Nasehat dalam Rakercab PC Pergunu Bondowoso, H. Ahmad Dhafir; Pergunu Tidak Boleh Melupakan Ma'arif

Selain itu banyak manfaat yang bisa kita peroleh jiak mau memanfaatkan fitur yang ada di Tik Tok, munculnya dai – daiyah muda  menjadikan motivasi  untuk selalu mengembangkan kemampuanya dalam membuat konten-konten yg lebih kreatif dan menarik masyarakat luas.

Maka dari itu mari kita sebagai generasi muslim bergerak menyebarkan dakwah ajaran islam seperti yang telah diajarkan rosululloh saw. Dengan cara seperti ini kita bisa menarik masyarakat luas terutama anak –anak dan usia remaja agar mereka tidak terjerumus kedalam konten negatif.

Penulis : Miftahurohmah, Susinatun, Dewi Fitria Ningsih, Lestari Asih (Anggota Fatayat NU Kaligubug)

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN