PENANAMAN MENTAL REMAJA

Ilustrasi, Cara menanamkan mental kuat kepada para remaja
Wartanu.com - Remaja merupakan harapan Bangsa dan generasi yang bisa diandalkan. Remaja harus mampu berkarya dan mengandalkan diri sendiri serta bisa mengarahkan diri untuk menjadi remaja yang berkualitas

Pada saat ini kenakalan remaja sangat merajalela dari kalangan masyarakat baik yang kaya maupun miskin. Karena kurangnya harmonisasi & kedekatan orang tua dengan anaknya. Sehingga anak terjerumus dengan pergaulan yang salah

Baca Juga : Muslimat NU Adakan Tabligh Akbar Perdana, Rois Syuriyah PCNU Bondowoso; Jadikan NU Seperti Tumpengg

Berbicara tentang remaja masa kini sekarang banyak yang dibodohkan oleh perangkat yang modern atau handphone. Banyak dari mereka yang menyalahgunakan handphone

وَمَآ أَضَلَّنَآ إِلَّا ٱلْمُجْرِمُونَ فَمَا لَنَا مِن شَٰفِعِينَ وَلَا صَدِيقٍ حَمِيمٍ

Allah SWT berfirman :“Dan tiadalah yang menyesatkan kami kecuali orang orang yang berdosa. Maka kami tidak memberi syafaat seorangpun dan tidak pula mempunyai teman yang akrab”. (QS Asy Syu’ara 99 – 101).

Ayat ini menjelaskan, Jika ada seseorang yang sering mengajak kemaksiatan. Baiknya menjauh dari orang tersebut sebab manusia bisa saja dalam kondisi iman yang lemah dan mudah dipengaruhi oleh orang lain atau godaan syetan. Banyak remaja sekarang ikut pergaulan teman dan mereka terbawa oleh pengaruh buruk tersebut.

Baca  Juga : PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK SEJAK DINI

Untuk menghindari hal-hal yang dijelaskan diatas,remaja harus melakukan perbuatan yang positive. Perbuatan yang baik harus dilihat dari cara memilih teman yang baik,lingkungan yang baik,tidak mencoba hal-hal yang dilarang agama, dan harus pintar-pintar menggunakan internet untuk keprntingan belajar atau hal lain yang baik. 

Banyak komunitas-komunitas pemuda pecinta alam, yang mereka lakukan pergi ke alam langsung untuk berpetualang, konservasi alam, dan pendidikan maupun kemanusiaan dan masih banyak lagi komunitas yang positive lainnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenakalan remaja

  1. Kurangnya ilmu agama
  2. Kurangnya kontrol diri dari remaja
  3. Kurangnya kontrol dari orang tua
  4. Lingkungan yang kurang mendukung

Sebagai orang tua, pastilah kita merasakan pasti khawatir dengan siapa anak kita akan bergaul, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah yang tak bisa kita selalu awasi juga.

Baca Juga  : PERAN MEDIA SOSIAL UNTUK SYIAR DAKWAH

Saking khawatirnya, kita orang tua kerap menjadi terlalu protektif dan membatasi ruang gerak mereka, padahal usia mereka bukan lagi anak-anak tapi sudah remaja.

Kekhawatiran yang berlebihan tentu saja tidak baik . Dari pada melarang putra dan putri remaja kita dalam mengeksplorasi dunia dan mencari teman sebanyak-banyaknya, justru sebaiknya kita bekali saja mereka dengan fondasi yang kuat serta kokoh.

Bekalnya berbentuk apa? Tentu saja dengan memberikannya pengertian dari pergaulan, apa saja risiko yang mungkin terjadi, bagaimana dampaknya terhadap diri sendiri dan lingkungan, serta apa saja konsekuensi yang mungkin akan mereka hadapi di dunia luar sana.

Baca Juga : Musyawarah Ranting NU Suling Kulon Gunakan MetodeAHWA dan Demokratis

Apabila kita sudah berbicara dari hati ke hati dan baik-baik mengenai risiko pergaulan bebas di luar sana, kembali berilah rasa kepercayaan pada mereka anak-anak remaja kita yang sedang tumbuh.

Kekhawatiran yang berlebihan bahkan sampai mengekang ruang gerak mereka justru hanya akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi perkembangan anak-anak.

Oleh karena itu, mari bersama, ayo lindungi mereka, anak-anak remaja kita dari pergaulan bebas dengan cara yang lebih bijak dan pendekatan penuh cinta kasih.

Tanamkan dalam hati dan pikiran mereka bahwa menjadi keren bukan karena terlibat pergaulan bebas.

Menjadi keren bukan karena mengonsumsi obat-obatan terlarang. Menjadi keren bukan dengan mengikuti tren budaya barat yang mungkin merugikan.


Penulis : Lulu Nur Chotimah, dkk Sekretaris Fatayat NU Balingasal

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN