Bekali Jiwa Enterpreneur, SMK NU 02 Bondowoso Adakan Bazar Kewirausahaan

SMK NU 02 Bondowoso mengadakan Bazar Produk Wirausaha hasil Ujian Praktik
SMK NU 02 Bondowoso mengadakan Bazar Produk Wirausaha hasil Ujian Praktik kelas 12 di halaman Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Desa Pecalongan Kidul Kali, Kecamatan Sukosari, Kabupaten Bondowoso (04/03).

Acara tersebut adalah Bazar pertama kali yang dilakukan oleh SMK NU 02 Bondowoso. Produk yang dipasarkan merupakan hasil Ujian Praktik yang sebelumnya telah dilakukan oleh siswa kelas 12.

Beraneka ragam makanan yang memenuhi meja bazar membuat pengunjung tertarik, seperti Tahu Ubur-ubur, Jasuke dan Mie Ghelek. Selain makanan, juga ada produk sandal buatan salah satu alumni SMK NU 02 Bondowoso.

Baca juga : 

Para guru juga aktif mendampingi para siswa
Pemotongan pita dan pelepasan balon yang dipimpin langsung oleh Ustadz Fauzi Wafa selaku Ketua Yayasan Ibnu Tholib Al-Anwar menjadi pembuka acara Bazar tersebut.

Syarifatus Sofiyah, Kepala SMK NU 02 Bondowoso menyampaikan alasan diadakannya Bazar adalah untuk membekali siswanya ketika lulus nanti mempunyai keterampilan wirausaha. 

"Meskipun kita jurusan informatika, kami punya program PKK (Produk Kreatif Kewirausahaan) demi membekali ilmu kewirausahaan setelah mereka lulus, juga anak-anak bisa mandiri, bisa mencari rezeki dengan ide-ide kreatifnya," tuturnya. 

Sofi selalu memberi motivasi kepada siswanya sebelum mengadakan Bazar, agar percaya diri terhadap produk yang telah mereka hasilkan. Ia juga berharap ilmu wirausaha yang telah mereka dapat tidak hanya selesai di sekolah, tetapi pasca mereka lulus. 

"Orang yang berjiwa wirausaha tidak pernah takut barangnya tidak laku. Jangan anggap acara ini sebagai tugas akhir,tetapi pasca dari sekolah nanti, kalian tidak kaget karena sudah dibekali keterampilan wirausaha," pungkasnya.

Ustadz Fauzi Wafa, Ketua Yayasan Ibnu Thalib Al-Anwar juga berharap dengan diadakannya Bazar tersebut untuk semakin dikembangkan. Karena keproduktifan siswa pasca lulus menjadi tolak ukur keberhasilan sekolah. 

"Saya harap, dengan bekal kewirausahaan ini kalian lebih produktif lagi di masyarakat. Bisa menghasilkan nol menjadi rupiah dan bisa menciptakan suasana pasar dari dapur, sehingga lulusan SMK NU 02 mampu bersaing dan lebih baik kedepannya," harapnya.

Segenap keluarga Yayasan Ibnu Thalib Al Anwar saat mendampingi para siswa
Bazar tersebut dihadiri oleh segenap keluarga Yayasan Ibnu Thalib Al Anwar, mulai dari tingkat PAUD, MI, SMP, SMK, tamu undangan dan masyarakat sekitar. Dari tinjauan tim media, pengunjung sangat antusias memeriahkan Bazar. Program tersebut akan dijadikan sebagai acara rutinan setiap tahun di akhir semester genap.


Kontributor : Imron Rasyidi

Editor : Muhlas

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.