PCNU Depok Sukseskan Program LK PBNU dan Kemenkes RI dengan Forum Koordinasi

Suasana Forum Koordinasi PCNU Depok bersama LK PBNU dan Kemenkes RI
Depok- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNUDepok mendukung penuh suksesnya program pemberdayaan masyarakat pesantren sehat yang dikeluarkan oleh Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Dukungan PCNU Depok berupa Forum Koordinasi yang menghadirkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Depok yang diselenggarakan di Gedung PCNU Depok, Kamis (09/09).

Sekretaris PCNU Depok, Ustadz Ahmad Purqon mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memperkuat sinergitas kelembagaan di Kota Depok dalam membina dan meningkatkan kinerja potensial bersama instansi terkait, seperti Dinkes, Kemenang dan Pesantren yang ada di Kota Depok.

“Ada beberapa pesantren yang akan kita jadikan role model, di antaranya Ponpes Al Karimiyah (Sawangan), Ponpes Darut Tafsir (Bojong Sari), Ponpes Ibnu Nafis (Sukmajaya), Ponpes Arrahmaniyah (Cipayung), dan Ponpes Sirajussaadah (Limo),” katanya.

Baca Juga : 

Ia menambahkan, pemantapan kegiatan orientasi program pemberdayaan masyarakat pesantren sehat ini akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Karimiyah pada akhir bulan September nanti.

“Berdasarkan hasil forum rapat koordinasi, insyaallah pemantapan kegiatan orientasi program pemberdayaan masyarakat pondok pesantren sehat ini akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 September 2021 di Ponpes Al Karimiyah,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Seksi Bidang Promo Kesehatan Dinkes Depok, Ibu Devita sangat berharap forum dan kegiatan pemberdayaan ini dapat membawa nilai-nilai kebaikan.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa nilai baik yang diharapkan bisa terwujud dengan dasar peduli terhadap kesehatan khususnya di pondok-pondok pesantren yang ada di kota Depok," ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Pekapontren Kemenag Depok, Achmad Buhaeti, menegaskan bahwa kegiatan ini harus dikawal dan dipastikan dapat berjalan dengan baik.

“Tolong upayakan sebaik mungkin program ini, khususnya dalam kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya yaitu agenda kegiatan MMP (Musyawarah Masyarakat Pesantren),” ujarnya.

Selain itu, Wakil Rais Syuriyah PCNU Depok, K. Moh. Hariruddin menyatakan bahwa kegiatan ini memerlukan dan membutuhkan perhatian dan pembinaan khusus agar maksimal pelaksanaannya.

“Meskipun program semacam ini sudah pernah kita laksanakan dan tidak hanya kali ini saja, program kegiatan ini tetap memerlukan perhatian khusus dan pembinaan dalam mengimplementasikannya. Semoga berjalan sesuai harapan dan terlaksana dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Baca Juga : Tak Pernah Kendor, MWC NU Sukosari Tetap Konsisten Jalankan Kajian Kitab

Kegiatan ini dihadiri oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Depok, Kemenang Kota Depok dan beberapa perwakilan dari pesantren yang ada di Kota Depok dengan didampingi oleh UPT Puskesmas sesuai dengan wilayah pesantren masing-masing.


Pewarta: Eqtafa Berrasul Muhammad, Jurnalis Media NU Depok

Editor: Muhlas

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.