Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi, Ini yang MTs Mambaul Ulum Sulek Lakukan

Program senam Aerobik di MTs Mambaul Ulum, Desa Sulek, Kecamatan Tlogosari, Bondowoso 
Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai ini membuat setiap aktivitas sehari-hari menjadi semakin terbatasi. Hal tersebut dikarenakan oleh himbauan dan anjuran-anjuran pemerintah yang berupaya untuk memutuskan mata rantai penyerabaran virus yang satu ini. 

Salah satu anjuran pemerintah dalam meredam penyebaran Covid-19 adalah dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer dan mengurangi mobilitas.

Lima anjuran yang kemudian dikenal dengan 5M itu diyakini dapat meminimalisir penyerangan Covid-19.

Berbagai lembaga dan instansi pun menerapkan anjuran tersebut dengan harapan terhindar dari salah satu jenis virus yang mematikan ini.

Baca Juga :

Hal tersebut juga dilakukan oleh MTs Mambaul Ulum, sebuah sekolah swasta yang terletak di Kabupaten Bondowoso, tepatnya di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari.

Para siswa dan guru yang berada di sana sangat memperhatihan terhadap penyebaran Covid -19, khusunya di daerah Bondowoso.

Menyikapi hal tersebut MTs Mambaul Ulum merasa kurang puas jika hanya melaksanakan dan mentaati protokol kesehatan saja.

Pasalnya, pihak sekolah, selain mentaati protokol kesehatan juga melakukan pembinaan fisik kepada seluruh siswa dengan mengadakan program rutin berolahraga.

“Iya betul, pihak sekolah juga mengadakan senam Aerobik atau senam kebugaran jasmani agar tubuh temakin sehat,” kata Iwan salah satu guru di MTs Mambaul Ulum, Sulek saat dikonfirmasi tim wartanu.com.

Iwan juga menjelaskan manfaat berolahraga bagi tubuh yang dilakukan secara rutin dan tepat. Kata Iwan, salah satu manfaat dari rutin berolahraga adalah dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi setres, meningkatkan metabolisme tubuh.

“Termasuk juga meningkatan sistem imun tubuh, menambah stamina serta membuat kita lebih bahagia,” lanjut Iwan.

Sebelumnya, Iwan juga menyampaikan bahwa diluncurkannya program senam Aerobik yang dilakukan setiap hari kamis itu, bermula dari keprihatinan diri melihat lingkungan sekolah menjadi sepi.

Semua siswa yang datang kesekolah seolah-oleh terus dihantui oleh ketakukan dan kecemasan, sehingga enggan beraktivitas dan cenderung menyendiri karena pandemi Covid-19.

“Selama pandemi, lapangan yang biasanya ramai dengan siswa, sekarang terlihat sepi dan hampa. Hanya ada beberapa tanaman hias dan rumput-rumput liar yang mulai tubuh di sela-sela bata dan bebatuan,” kata Iwan menceritakan kondisi sebelum dimulainya program senam Aerobik itu.

Namun, Iwan mengaku, bahwa sebagai seorang guru yang menjadi tauladan bagi murid-muridnya, harus bisa memberikan contoh yang baik, terutama yang berkaitan dengan bertahan hidup di tengah Pandemi Covid-19.

“Akhirnya kami pun sepakat untuk memprogramkan olahraga rutin setiap hari kamis, mulai jam 08 : 00 sampai 08 : 30,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MTs Mambaul Ulum, Nurlaila Santi, S.Pd sangat mengapresiasi terhadap program olahraga tersebut.

Dirinya menyebut, dengan berolahraga tidak hanya dapat meningkatkan imunitas tubuh saja, melainkan juga dapat melatih bakat dan minat siswa yang suka terhadap kesenian.

Baca Juga : Kisah Heroik Tiga Bersahabat

“Dengan adanya program ini peserta didik yang mempunyai bakat bisa diikutkan dalam berbagai perlombaan baik ditingkat kecamatan atau tingkat kabupaten,” ungkapnya

Nurlaila  juga berharap, dengan dilaksanakannya program tersebut, para siswa yang menimbah ilmu di MTS Mambaul Ulum menjadi semakin terlatih serta dapat menuai mafaat dari olahraga yakni meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang bakteri atau virus yang berbahaya.

“Semoga siswa di sini dan para guru terhindar dari Covid, dan pandemi ini semoga cepat berakhir,” harapnya. (*)


Kontributor : Iwan

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.