Doa Penambah Rezeki (Part 2)

Foto : Tim Kreatif 

Rezeki memang sudah ditakar dan tidak akan tertukar, namun rezeki itu tidak akan serta merta datang begitu saja. Ia harus dijemput dan kita harus berusaha untuk mendapatkan rezeki yang sudah ditakar oleh Allah SWT itu.

Dikutip dari wartanu.com, bahwa untuk mendapatkan rezeki dan menambah rezeki salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan jalur spiritual (doa) sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Zarnuji dalam kitabnya, Ta’limul Muta’allim.

Syekh Zarnuji menjelaskan beberapa doa yang bisa dibaca tiap terbitnya fajar sampai mendirikan salat Subuh dan di tiap pagi dan sore hari yang bisa menjadi sebab atau perantara bertambahnya rezeki.

Selain itu, Syekh Zarnuji juga menyebutkan doa lain yang bisa dibaca untuk menjadi sebab penambah rezeki. Doa itu juga dibaca setiap usai terbitnya fajar dan usai menunaikan salat Maghrib sebanyak 33 kali. Doanya sebagai berikut:

وأن يقول بعد الفجر كل يوم الحمد لله وسبحان الله ولآ إله إلا الله ثلاثا وثلاثين مرة وبعد صلاة المغرب أيضا.

Artinya: “Dan setiap usai terbitnya fajar membaca “al-Hamdulillah, Subhanallah, dan laa ilaaha illallah” sebanyak 33 kali dan juga setelah menunaikan salat Maghrib.” (Kitab Ta’limul Muta’allim, hlm. 45)

Baca Juga :

Kemudian setelah membaca doa tersebut, diteruskan dengan membaca istighfar pada Allah SWT sebanyak 70 kali setelah salat Fajar. Selain doa-doa di atas, juga perbanyaklah membaca doa hauqolah dan shalawat Nabi.

ويستغفر الله تعالى سبعين مرة بعد صلاة الفجر ويكثر من قول لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم والصلاة على النبي عليه الصلاة والسلام.

Artinya: “Dan membaca istighfar pada Allah SWT sebanyak 70 kali setelah salat Fajar dan memperbanyak membaca “Laa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adzim” dan shalawat pada Nabi SAW.” (Kitab Ta’limul Muta’allim, hlm. 45)

Tak hanya di waktu terbitnya fajar, pagi dan sore hari saja doa yang dijelaskan Syekh Zarnuji untuk bisa menjadi sebab penambah rezeki. Beliau juga menjelaskan bahwa ada doa yang bisa dibaca di hari Jum’at sebanyak 70 kali.

Biasanya, di masjid-masjid, doa tersebut dibaca setelah menunaikan salat Jum’at dan dipimpin oleh imam salat. Syekh Zarnuji menjelaskan doa tersebut untuk dibaca sebanyak 70 kali, namun fakta lapangan mengatakan bahwa tersebut hanya dibaca 1-3 kali. Doa tersebut sebagai berikut:

ويقول يوم الجمعة سبعين مرة اللهم أغننى بحلالك عن حرامك واكفنى بفضلك عمن سواك.

Artinya: “Dan di hari Jum’at membaca doa “Allahumma aghnina bihalaalika ‘an haraamika wakfinaa bifadhlika ‘amman siwaak” sebanyak 70 kali.” (Kitab Ta’limul Muta’allim, hlm. 45)

Baca Juga :

Masih banyak lagi doa yang bisa dibaca untuk menjadi sebab penambah rezeki, namun kali ini penulis hanya membeberkan beberapa doa yang didapatkan ketika mengikuti kajian kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tumpeng.

Semoga bermanfaat dan selamat mengamalkan.

Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan jasmani dan rohani oleh Allah SWT sehingga kita bisa berusaha untuk mendapatkan rezeki yang sudah tertakar melalui jalur apa pun, mulai spiritual (doa) mau pun bekerja (fisik).


Penulis : Muhlas, Santri Ponpes Miftahul Ulum Tumpeng

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.