Al-Arif Billah; Kiai Husnan Wringin (I) Ulama Kharismatik dan Kisah Rombongan yang Merasa Heran

Pada salah satu kesempatan KH. Husnan (Kiri) bertemu dengan KHR As'ad Syamsul Arifin Situbondo (Kanan). Foto : Tim Kreatif
Persis di sebelah pasar Wringin Bondowoso, ada pesantren bernama "Ra'iyatul Husnan" yang sampai hari ini masih berdiri gagah.

Semenjak puluhan tahun silam, pesantren ini memang sudah banyak menyita perhatian sejumlah orang. Salah satu perhatian besar publik tertuju ke sesepuhnya yang ber-asma mulia: Kiai Husnan Bin Muhsin.

Jasa seorang Kiai Husnan bagi tempat berkah ini sangatlah besar. Pembabat dan pengasuh pesantren, pemimpin tegas bertanggung jawab, pecinta ilmu sejati, juga kiai sepuh mukasyafah yang disegani.

Baca Juga :

Ihwal yang terakhir tadi, bahwa beliau "mukasyafah", memang tak sedikit yang menjadi saksinya. Beberapa santri, alumni, dan masyarakat luas, kerap kali berdecak kagum ketimpalan kelebihan beliau itu.

Sederhananya, muksyafahah bisa difahami dengan: dapat minyingkap hal yang abstrak. Pastinya, segelintir insan pilihan saja yang bisa melakukan hal luar biasa ini.

Sepenggal kisah nyata, yang penulis dengar langsung dari saksi mata kekaromahan beliau itu:

Di tahun 1980-an, ada sebuah rombongan yang hendak sowan kepada Kiai Husnan Wringin. Dikisahkan, beberapa orang dari rombongan yang hendak berkunjung ke kediaman beliau, ngabet sekali ingin mampir ke pangkalan tape di pinggiran area Bondowoso kota.

Inginnya, hal ini mereka akan lakukan sebelum sowan ke beliau, di Wringin. Usulannya beralasan. Bila membeli seusai sowan ke Kiai nanti, toko-toko yang menghidangkan makan khas kota Bondowoso ini dihawatirkan tutup.

Saat tunggangan hampir medekati area kota, entah mengapa salah satu dari rombongan mengusulkan: untuk jangan mampir kemana-mana dalu kala perjalanan perginya. Hawatir, bila terlarut sore mereka tidak bisa bertemu dengan beliau, Kiai Husnan.

Rombongan akhirnya sepakat untuk sowan ke Kiai dahulu dan mengurungkan niatnya untuk menyantap tape yang diidamkan.

Tak lama berselang, rombongan ini pun memasuki gerbang pesantren, kediaman Kiai Husnan bertempat. Detik-detik hal luar biasa hampir terjadi saat seisi rombongan menjumpai dan sowan pada Kiai, beriringan dengan puluhan rombongan lain.

Hal mengejutkanpun terjadi, tak lama saat duduk bersila di dekat Kiai Husnan. Entah mengapa di saat sejumlah orang yang sowan ke beliau disuguhi hidangan sepiring nasi dengan lauk bagimana biasa, untuk rombongan ini oleh Kiai Husnan malah disuguhi semangkok tape manis yang menggugah selera.

"Toreh de'er" (silahkan dimakan) dawuh Kiai Husnan kepada semua yang sowan ke beliau kala itu. Spontan terkejut heran, seisi rombongan yang mendapat suguhan semangkok tape.

Baca Juga :

Bagi rombongan lain mungkin tampak biasa-biasa saja, seolah tak ada pemandangan aneh di siang itu. Namun "tidak" dengan rombongan yang mendapat suguhan tape, tentunya.

Sebab, tak jauh sebelum rombongan tiba ke kediaman Kiai Husnan, mereka sudah sepakat, hendak akan menyantap tape di tengah perjalanan. Namun diurungkan, hawatir tak dapat menjumpai beliau di Wringin.

Rasanya sulit dicerna fikiran sehat. Serombongan ini terus berfikir takjub, bagimana mungkin kiai mengetahui keinginan yang tanpa pemberitahuan pada beliau, sebelumnya.

Kian mengherankan, pasalnya di hari itu tak satupun yang mendapat suguhan tape dari Kiai Husnan. Di samping, persediaan nasi dan lauk masih banyak sengaja dipersiapkan untuk setiap orang yang bertamu pada beliau. 

Namun, sekali lagi, untuk serombongan ini oleh Kiai malah disuguhi semangkok tape, yang pastinya tanpa desas-desus kabar pada beliau, pada ahlul baid, pada haddam, juga pada semua santri sebelumnya. Subahanallah.


Penulis : Muhammad Fauzan, Santri Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo yang juga masih belajar dan mengabdi di Nurul Qarnain Jember

Editor : Gufron

Diberdayakan oleh Blogger.