Ingin Hidup Langgeng Saat Berkeluarga? Ini 5 Pilar dalam Menciptakan Rumah Tangga yang Harmonis ala NU


Ilustrasi pasangan suami istri dalam menjalankan 5 pilar rumah tangga ala NU. (www.pixabay.com)

Wartanu.com - Setiap pasangan suami istri pasti ingin menciptakan rumah tangga yang harmonis dan langgeng hingga masa tua.

Walaupun pada kenyataannya pasangan suami istri dalam menjalani bahtera rumah tangga itu dinamis, baik dalam mengambil sudut pandang dan lain sebagainya.

Bahkan, hal sepele yang dianggap kecil dalam rumah tangga kadang menjadi pemicu tumbuhnya pertikaian yang besar sehingga menjerumuskan pasangan suami istri ke jurang penceraian.

Indikator yang menyebabkan rumah tangga jauh dari keharmonisan disebabkan ekonomi yang sulit, kekerasan dalam rumah tangga, selingkuh dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :
Sebagaimana dikutip Bharata dari akun Instagram @nuonline_id, berikut 5 pilar yang harus dijadikan prinsip dalam rumah tangga agar menjadi keluarga yang harmonis.

1. Pasangan (Zawaj)

Dalam rumah tangga, suami dan istri harus memiliki kesadaran satu sama lain bahwa dalam pernikahan keduanya merupakan pasangan yang dipertemukan Tuhan untuk saling mengisi satu sama lain.

2. Janji yang kuat (Mitsaqan ghalidzan)

Baca Juga :
Dalam pernikahan, pasangan suami istri pasti memiliki komitmen yang dipegang dan dijadikan prinsip dalam menjalani rumah tangganya kedepan.

Sehingga, komitmen itu harus dipertahankan dengan kokoh dengan sang pencipta dan menjadi janji yang kuat diantara keduanya.

3. Memperlakukan pasangan dengan baik (Muasyarah bil Ma'ruf)

Pernikahan merupakan ikatan dalam memperlakukan pasangan baik suami maupun istri dengan cara yang baik dan sebagaimana mestinya. Untuk mencapai Muasyarah bil Ma'ruf bisa dicapai dengan cara tiga hal yaitu, ma'rufan, thoyyiban dan halalan.

Baca Juga :
4. Musyawarah

Dalam kehidupan rumah tangga pasti pasangan suami istri akan mengalami perbedaan pendapat atau sudut pandang yang terkadang membuat timbulnya persoalan atau permasalahan di dalam keluarganya. Sehingga, pasutri harus bisa menyelesaikan bersama dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat dan tidak menimbulkan problematika di dalamnya.

5. Saling ridha (Taraddin)

Untuk menggapai ridha Allah SWT dalam rumah tangga itu tergantung bagaimana pasangan suami istri bertindak dalam kebaikan secara bersama. 

Baca Juga :
Itulah 5 pilar yang bisa dipegang oleh pasangan suami istri agar tercipta rumah tangga yang harmonis dan langgeng hingga akhir hayatnya. ***

Penulis : Haris
Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN