Puluhan Rumah dan Gudang Roboh Akibat Pohon Tumbang, Ansor Bagorejo Siap Beraksi

GP Ansor Bagorejo segera mengevakuasi salah satu rumah warga yang tertimpa pohon tumbang.
Jember, wartanu.com – Hujan deras disertai angin kencang memporak-porandakan kota Jember, tepatnya di desa Bagorejo, Kecamatan Gumukmas, Sabtu malam (18/12). Akibatnya puluhan rumah warga setempat dan beberapa gudang roboh akibat tertimpa pohon tumbang. 

Menyukapi hal tersebut Pengurus Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor setempat menggerakkan puluhan kadernya untuk mengevakuasi beberapa rumah, gudang dan jalan yang tertimpa pohon tumbang itu. 

“Iya, semalam hujan di sini sangat deras, ditambah lagi anginnya begitu kencang sehingga banyak pohon di beberapa dusun Desa Bagorejo tumbang dan mengenai rumah warga sekitar,” kata Moh Abdul Rosyid, salah satu pengurus Ansor Bagorejo kepada wartanu.com, Ahad (19/12)

Baca Juga :

“Terdapat 17 rumah dan 40 gudang milik warga yang roboh,” imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Rosyid itu mengatakan bahwa pihaknya bersama pengurus Ansor yang lain menyebar ke berbagai titik untuk melakukan evakuasi. Salah satu yang menjadi target evakuasi dengan tingkat kerusakan yang parah adalah Desa Bagorejo.

“Kami mengkondisikan kader Ansor untuk mengevakuasi di tiga titik, dua titik di desa Bagorejo dan satu titik di Dusun Kemukuh Desa Tembokrejo,” lanjutnya.

Melihat fenomena curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencang hingga menyebabkan bencana, Rosyid mewakili ketua PR GP Ansor Bagorejo, menyarankan kepada masyarakat sekitar untuk selalu waspada dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dirinya beranggapan bahwa bencana yang sedang melanda itu merupakan peringatan kepada manusia untuk meningkatkan keimanan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini semua sebagai peringatan kepada kita untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan menjaga lingkungan sekitar,” lugas Rosyid.

Juga tidak sedikit pohon tumbang yang menutup akses jalan penduduk setempat
Tidak hanya sampai di situ, pemuda yang sangat aktif di berbagai kegiatan GP Ansor itu juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara memangkas ranting-rating pohon yang rimbun, membersihkan saluran air dan sebagainya.

“Kita harus perhatikan lingkungan, jika ada pohon yang di dekat rumah dan berpotensi tumbang ketika ada angin kencang segeralah ditebang, kami Ansor siap membantu dan akan menyediakan gergaji mesin atau Jigsaw,” pungkasnya. (*)


Kontributor : Kader Ansor Bagorejo

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.