Tunjukkan Arah Gerak Kopri Ke depan, Kopri PK PMII Wahid Hasyim Adakan SIG Kedua

PK PMII wahid Hasyim Poltek Kampus Bondowoso lakasanakan SIG
Korps PMII Puteri (Kopri) Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Wahid Hasyim Poltek Kampus Bondowoso melaksanakan Sekolah Islam Gender (SIG) Kedua dengan tema 'Arah Gerak Kopri Menuju Revitalisasi Nilai-nilai Kesetaraan Gender' di Balai Desa Dawuhan, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso, Jum'at, (14/01/2022).

Kopri merupakan sebuah wadah untuk kaum perempuan dalam dunia pergerakan. Baik dalam mengembangkan potensi dalam dirinya dan berbagai hal yang bisa memberikan peluang kepada perempuan untuk terus bergerak produktif dan progresif.

Baca Juga :

Ketua Panitia SIG II Kopri PK PMII Wahid Hasyim, Sofiatul Hasanah menyampaikan, tujuan adanya SIG tersebut memiliki arah tepat untuk Kopri Wahid Hasyim kedepan. Baik dalam esensi pengetahuan maupun wawasannya.

"SIG ini bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas dan esensi dalam diri perempuan. Ya, walaupun yang ikut juga laki-laki," katanya.

Lebih lanjut, wanita yang akrab dipanggil Sofi itu menjelaskan bahwa SIG merupakan jenjang kaderisasi pertama untuk kader putri PMII. Namun, jenjang kaderasi tersebut boleh di ikuti oleh kader putra PMII.

“Setelah mengikuti SIG, Kader putri bisa lanjut dengan mengikuti SKK, SKL dan SKN, Kader putra tidak boleh. Kader putra hanya sunnah mengikuti SIG dan tidak boleh ikut SKK, SKL ataupun SKN," jelasnya

Sementara itu, Ketua Komisariat PK PMII Wahid Hasyim Poltek Jember Kampus II, Muhammad Fathorrasi mengurai beberapa hal dalam kegiatan Kopri tersebut.

Dirinya mengatakan bahwa anggota ikut serta dan berpartisipasi dalam kegiatan kopri adalah pilihan untuk memikul tanggung jawab penuh. Yakni tanggung jawab menjaga nama baik PMII dan nama baik kampus Masing-masing.

"Ada dua tanggung jawab yang harus dijaga oleh setiap anggota yang ikut serta dalam kegiatan ini, menjaga nama baik PMII, marwah PMII dan yang kedua menjaga nama baik kampus masing-masing. Sebab, dalam SIG kali ini bukan hanya dari kampus Poltek sendirimp melainkan ada yang dari STAI At-Taqwa dan sebagainya," ujarnya Fathor.

Disisi lain, Ketua Kopri PC PMII Bondowoso, Niatul Khoiroh berharap adanya perbaikan dan pengembangan PMII kedepanya. Sehingga, harapan yang menjadi tujuan diadakannya SIG dapat terpenuhi.

"Harus ada perbaikan dan pengembangan ditubuh Kopri melalui, ayo kita tata niat dan kesungguhan hati lagi sehingga semua harapan Kopri terpenuhi, " tukasnya.

Ketua Cabang PC PMII Bondowoso, Saiful Khoir  yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi terhadap pengurus PK PMII Wahid Hasyim telah berhasil melaksanakan SIG yang kedua.

Khoir berharap momentum SIG tidak hanya dijadikan formalitas belaka, melainkan benar-benar memperhatikan kader yang terlibat dan mengamati prosesnya dari sebelum ikut SIG hingga selesai ikut SIG.

“Jangan hanya dijadikan sebuah formalitas saja, Namun, benar-benar diperhatikan pra dan pasca kegiatan,” kata Khoir dalam sambutannya.

Saiful Khoir, Ketua Cabang PC PMII Bondowoso saat memberi sambutan pada acara SIG di Balai Desa Dawuhan
Bahkan dirinya memberi semangat kepada seluruh kader PMII yang hadir dalam acara tersebut. Dirinya menyampaikan bahwa ruang lingkup proses perempuan sangatlah luas, salah satu ruang lingkup proses yang paling dekat dengan kaum hawa adalah di tubuh Organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Baca Juga :

“Dalam tubuh NU saat ini juga menjadi perhatian kader Putri. Sehingga peluang memasukkan kaum perempuan di kepengurusan NU yang baru semakin besar, ini adalah ranah untuk berprosesnya kader PMII, Terus berproses tanpa protes, Karena sukses tidak mengenal protes," tutupnya diikuti dengan alunan tepuk tangan para peserta serta tamu undangan.

Pantauan dilapangan Acara tersebut juga dihadiri oleh kader PMII dari beberapa kampus yang berada dibawah naungan PC PMII Bondowoso, sperti Rayon Avicenna dan Rayon Averroes STAI At- Taqwa Bondowoso, Komisariat UNIBO dan beberapa kampus lainnya.(*).


Penulis : Haris 

Editor : Gufron

Tidak ada komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.