Remas Al-Hidayah Gelar Pesrom, Ini Kegiatan Uniknya

Kegiatan Pesrom yang diadakan oleh Remas Al- Hidayah desa Penambangan
Tim Remaja Masjid (Remas) Al-Hidayah Desa Penambangan melaksanakan Pesrom yang bertempat di Masjid Al-Hidayah, Dusun Krajan, Desa Penambangan, Kecamatan Curahdami, Bondowoso. Acara tersebut berlangsung dari hari Rabu tanggal 6 April 2022 hingga Ahad tanggal 10 April 2022.

Pesrom tersebut merupakan kegiatan penting yang baru terlaksana di tahun 2022. Adapun sasaran kegiatan yang dilaksanaka oleh Remas Al-hidayah adalah  peserta dari pelajar tingkat MI/SD, Mts/SMP bahkan peserta didik pra sekolah yaitu PAUD dan TK di lingkungan Masjid Dusun Krajan, dengan tujuan agara ibadah Puasa dibulan Ramadhan terisi dengan kegiatan yang positif.

Puncak dari kegiatan Pesrom itu diisi dengan kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan di beberapa titik  sekitar Masjid Al Hidayah. Tim Remas pun saling mambahu merancang bangun miniatur Miqot, Arofah, Musdalifah, Mina, Lempar Jumroh, maniatur Ka’bah untuk Thowaf, Sa’i dan Tahallul.

Baca Juga :

Hal itu di buktikan dengan keterlibatan peserta aktif dalam pelaksanaan praktek manasik yang juga melibatkan pengurus POSDAYA Al-Hidayah, perwakilan asatidz-asatidzah PAUD Perwanida, Dewan Guru PAUD Rengganis 02 dan Asosiasi Pemuda Desa Penambangan.

Jangan lewatkan kajian Keagamaan setiap hari menjelang Buka Puasa di Masjid KH. Hasyim Asy'ari

Tidak hanya sampai disitu, puluhan wali santri yang hadir dalam Pesrom tersebut ikut menyaksikan proses manasik haji tersebut. Bahkan ada yang di antara mereka terisak tangis haru menyaksikan anak-anaknya thowaf di miniatur Ka’bah.

"Tak terasa saya meneteskan air mata haru penuh harap bisa bersimpuh di Baitullah," Kata salah satu orang tua peserta yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Disisi lain, salah satu Anggota Takmir Masjid Al-Hidayah Desa Penambangan, Hayi Abdus Syukur mengungkapkan adanya kegiatan Persom tersebut diharapkan dapat memperkuat Akidah, Kebangsaan dan beberapa ilmu penting yang nantinya akan dihadapi oleh generasi muda di Desa Penambangan.

"Dalam memperkuat Akidah Kebangsaan. Maka, ilmu-ilmu pokok penting haruslah tersampaikan sejak saat ini," ujar lelaki yang akrab di sapa hayi yang juga salah satu Anggota PC Lakpesdam NU Bondowoso.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Al-Hidayah, H. Sutaryo menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menjadi percontohan awal yang akan dirutinkan pelaksanaannya di setiap bulan Ramadhan tahun berikutnya.

Suasana Pesrom di Masjid Al- Hidayah Desa Penambangan
Dirinya juga mengatakan bahwa acara yang dilaksanakan di lingkungan masjid itu tidak lain sebagai media dakwah sekaligus mendidik generasi yang Islami.

"ini adalah kegiatan awal yang akan diistiqomahkan pada tahun-tahun berikutnya. Sebagai syiar dan mendidik para regenerasi khususnya di Desa Penambangan," ujarnya pria yang juga pernah menjadi Dosen di STAIAt-Taqwa Bondowoso itu.

Secara terpisah dalam sambutan sekaligus menutup acara, kepala Desa Penambangan, Martha Suprihastini, S.E memberikan apresiasi luar biasa atas kebermanfaatan yang tidak bisa diragukan dari makna Pesrom tersebut. Sebagai tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan para peserta.

Dokumentasi Pesrom oleh Remas Al- Hidayah
"Hal ini sangat bermanfaat bagi remaja muslim guna menambah Ilmu dan pengalaman. Desa sangat mendukung kegiatan ini," tutur Martha Suprihastini, S.E.

Pantauan dilapangan peserta dalam kegiatan tertsebut berjumlah 72 orang, terdiri dari panitia, KKN At-Taqwa Bondowoso serta masyarakat setempat.  Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan buka bersama, pembagian hadiah dan dorprize bagi peserta serta di Tutup dengan Do’a. (*)

 

Penulis : Haris

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN