Strategi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Seni Melipat Kertas atau Origami

Siti Hunun Nafidah Guru TK Ar Risalah, Rambigundam, Rambipuji, Jember

Wartanu.comAnak usia dini adalah anak yang berada pada usia lahir sampai enam tahun, di mana pada usia dini sering disebut sebagai golden age atau usia emas. 

Pada rentang usia ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat pada berbagai aspek perkembangannya. 

Dr Maria Montessori mengatakan bahwa “masa ini merupakan periode sensitif (sensitive periods) selama masa inilah secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya (Sujiono, 2012:54).

Baca Juga :

Pada usia ini anak siap melakukan berbagai kegiatan dalam rangka memahami dan mengawasai lingkungannya.

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak.

Pendidikan anak usia dini memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengupayakan perkembangan optimal keterampilan motorik halus anak, yang bisa dilakukan dengan cara membuat kegiatan pembelajaran dan permainan yang menyenangkan dan menggairahkan antusiasme anak. 

Baca Juga :

Salah satu kegiatan yang memenuhi kriteria ini adalah seni melipat kertas yang dikenal dengan sebutan origami. 

Menurut Maya Hirai (2007), origami adalah sebuah seni melipat kertas yang mana dengan aktivitas tersebut seseorang bisa berkreasi dan mengembangkan dan mengkonkretkan imajinasinya dalam aktivitas melipat kertas.

Terdapat teknik dasar origami yang perlu dikembangkan dan disebarkan sebagaimana yang disebutkan Wiryaningsih (2016)

Menurutnya, hal itu penting karena origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak

Namun demikian, hingga saat ini, origami masih kurang dikenal dan diperkenalkan terhadap anak secara luas.

Oleh karena itu, kegiatan origami ini perlu diperkenalkan secara luas kepada anak-anak usia dini. 

Paling penting bagi pendidik untuk memperhatikan tingkat kerumitan origami dan harus disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak.

Agar kegiatan origami bisa tetap menyenangkan dan mengundang antusiasme, bukan membuat kebosanan atau stress.

Baca Juga :

Keterampilan motorik halus anak perlu diupayakan karena merupakan pondasi perkembangan intelegensi anak, dan hal ini bisa dilakukan dengan memperkenalkan seni melipat kertas atau origami. 

Secara umum, melipat bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan melipat di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami yang berwarna warni

Perbedaan antara kertas lipat hanyalah dari segi desain dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat lipatan menjadi lebih indah dan tidak membosankan.

Menurut Pamadhi (2008:7.22)teknik melipat pada kegiatan ini sebaiknya dipandu oleh dua orang. 

Pendidik mengajak anak untuk melipat kertas satu persatu dengan anak, membimbing bagaimana cara melipat sambil ikut memegangi kertas

Setiap anak memegang kertas masing-masing satu lembar, langkah demi langkah sambil dibantu pendidik

Di sini, pendidik memberikan satu sampai dua lipatan kepada anakmemberikan variasi warna pada kertas lipat yang digunakan (memberikan warna yang berbeda antara satu anak dengan anak yang lainnya). 

Serta memberikan simbol yang sama pada setiap ujung kertas yang akan dipertemukan agar mempermudah proses belajar dan bermain.

Kegiatan belajar dengan origami ini memang terlihat sederhana, namun ia melatih kemampuan motorik halus anak. 

Baca Juga : 

Sementara, kemampuan motorik halus ini merupakan pondasi bagi perkembangan intelektual anak pada periode-periode usia selanjutnya. 

Karena itu, kegiatan yang kita anggap sederhana ini merupakan faktor penting yang dapat mendorong pembangunan manusia yang unggul di masa yang akan datang. 

Oleh karena itu, hal ini perlu untuk selalu disadari oleh para pendidik, terutama pendidik anak usia dini.(*)


Editor : Andiono

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN