Mengenal Sosok “Nahkoda” Baru STAI At-Taqwa Bondowoso

Dr. Suheri, S.Pd.I, M.Pd.I, Ketua STAI At-Taqwa Bondowoso Periode 2022-2025. (Foto : Tim Kreatif)
Adalah Dr. Suheri, S.Pd.I, M.Pd.I. yang terpilih sebagai Ketua STAI At-Taqwa Bondowoso melalui Rapat Senat Tertutup Yayasan At-Taqwa Bondowoso, Selasa (28/12).

Tepat pada hari Jum'at (31/12) prosesi Pengukuhan atau Pelantikan dan Serah Terima Jabatannya dilaksanakan di Aula STAI At-Taqwa Bondowoso. Pria berkacama kelahiran Jember 16 September 1983 itu tergolong masih muda namun prestasinya di kancah nasional dan internasional telah ditorehkan.

Beberapa ajang konferensi internasional telah ditorehkan seperti Kegiatan Raden Intan International Conference on Muslim Societies and Social Sciences (RIICMUSSS) yang digelar di Lampung oleh Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dan International Conference on Islamic Education and Development (ICIED) di UIN Malang serta tingkat nasional pada gelaran tahunan Muktamar Santri oleh Kementerian Agama 2 tahun silam.

Baca Juga :

Disamping itu, Dosen penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan ini juga tergolong produktif, pasalnya sudah 13 buku berhasil ia terbitkan sejak tahun 2013 silam, itu artinya hampir setiap tahun pria yang lama “nyantri” di Pondok Pesantren Kauman ini menulis buku.

Ditambah lagi berdasarkan penelusuran di googlescholar, karya dalam bentuk jurnal sudah mencapai 50-an, baik skala internasional, nasional maupun regional dipublikasikan. Prestasi monumental  dalam penulisan jurnal yaitu ada 5 jurnal internasional terindeks scopus dipublikasi di berbagai negara. Diantaranya bahkan sudah terindeks Scopus Q2 di kasetsart Thailand.

Sementara tulisan beliau di media online juga cukup mudah dicari salah satunya di media wartanu.com yaitu : Ternyata!!! Bukan Covid yangMematikan, Menakar Kualitas Perkataan Kita, Jimat Rahasia, Agar Hidup Mulia? dan lainnya, di geotimes dan times. Bahkan beliau memiliki blog sendiri untuk menampung buah pemikiran, ide dan gagasannya.

Meski terlahir dari keluarga yang terbatas bahkan berstatus yatim sejak usia 4 tahun. Namun, semangat untuk menuntaskan pendidikan sangat tinggi, hal ini bisa dilihat dari track pendidikannya sejak SDN 1 Sumber Jambe (lulus 1996) dan SMPN 1 Sumber Jambe (lulus 1999). Kemudian ia melanjutnya pendidikannya di Bondowoso yaitu SMKN 1 Bondowoso (lulus 2001) dan STAI At-Taqwa Bondowoso (lulus 2008). Termasuk pula gelar Magister beliau raih dari STAIN Jember yang sekarang menjadi UIN KHAS Jember.

Kehausan untuk menimba ilmu tidak selesai sampai disana. Pasalnya, beliau menempuh program doktornya di Universitas Negeri Malang sebagai awardee LPDP kementerian Keuangan RI. Beasisawa yang sangat bergengsi di negeri ini.

Bahkan beberapa prestasi akademik juga sangat gemilang, Suami Yeni Tri Nurrahmawati, M.Pd.I ini dinobatkan sebagai lulusan terbaik di STAI At-Taqwa Bondowoso tahun 2008 silam dan pernah menyandang prestasi umum ketika menimba ilmu di Madrasah Tashwirul Afkar Pondok Pesantren Kauman Alhasani Bondowoso.

Dikala masih berstatus mahasiswa, Pria berkacamata itu juga tercatat sebagai aktivis yang tergolong sibuk, selain sebagai santri aktif di Pesantren Kauman hingga 2012, Ia tercatat sebagai Sekretaris Umum BEM STAI At-Taqwa Bondowoso Periode 2005-2006 dan terpilih sebagai Ketua BEM STAI At-Taqwa Bondowoso Periode 2006-2007. Bahkan disaat yang sama, dirinya juga menjabat sebagai Sekretaris 1 PC PMII Bondowoso.

Pengalaman sebagai organisatoris sejak mahasiswa terus berlanjut diorganisasi luar kampus, bahkan Dr. Suheri yang tercatat sebagai mantan guru MTsN Bondowoso 2 dan MAN Bondowoso ini aktif sebagai Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bondowoso yaitu PC LAKPESDAM NU Bondowoso Periode 2008-2012 dan PC LTN NU Bondowoso Periode 2012-2016, Bendahara MWCNU Kec Bondowoso, dan sekarang sebagai Sekretasi Umum MUI Kecamatan Bondowoso.

Jangan lupa Subscribe Channel You Tube kami : Harokah Official

Selain aktif di PMII dan NU, Dr. Suheri juga aktif di IMAKIPSI (Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Seluruh Indonesia) Jawa Timur tahun 2008-2009. Tahun 2008-2013, ia menjabat sebagai Ketua 1 Persatuan Guru Diniyah Indonesia Cabang Bondowoso.

Tahun 2005 hingga sekarang, Dr. Suheri menjadi Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Kauman Alhasani Allathifi Bondowoso. Tahun 2008-2012 juga sebagai Tenaga Pendidik di MTsN Bondowoso. Di STAI At-Taqwa Bondowoso, ia menjadi dosen sejak tahun 2010 hingga sekarang terpilih dan dilantik sebagai Ketua STAI At-Taqwa Bondowoso Periode 2022-2025. Harapan untuk sebuah perubahan di STAI At Taqwa cukup besar, termasuk juga dalam hal ini cita-cita semua pihak agar STAI segera alih status menjadi salah satu amanah beliau.

Semoga semangat pemuda milenial benar-benar membawa perubahan untuk kepentingan orang banyak.

 

Penulis : Muhlas

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN